Pemerintah Kota Surakarta
Sepur Kluthuk Jaladara, Ikon Pilwalkot Surakarta Tahun 2020
  December 23, 2019 20:49

Senin (23/12/2019) bertempat di city walk Loji Gandrung, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta menggelar acara Launching Pilihan Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2020 mendatang, dihadiri oleh Walikota dan Wakil Walikota Surakarta beserta jajaran OPD, Camat dan Lurah, Plh. KPU RI Pamono Ubaid Tanthowi, DPRD Kota Surakarta, Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Surakarta, segenap pimpinan partai politik, serta elemen masyarakat.

Sebelum launching dimulai, jajaran KPU Surakarta, Plh. KPU RI, Pejabat Forkopimda, Wakil Walikota Achmad Purnomo bersama-sama naik Sepur Kluthuk Jaladara dari Stasiun Puwosari menuju Loji Gandrung.

Untuk menyambut pesta demokrasi pemilihan kepala daerah pada 23 September 2020, kali ini KPU Surakarta memilih “Sepur Kluthuk Jaladara” sebagai ikon ataupun maskotnya. Hal ini disampaikan oleh Nurul Sutarti selaku ketua KPU Surakarta. Pada dasarnya Sepur Kluthuk Jaladara merupakan satu-satunya kereta uap kuno yang masih beroperasi di Kota Solo, sedangkan Jaladara sebagaimana kereta yang dipakai tokoh wayang Kresna dalam memeangi ketidakadilan.

“KPU Surakarta dalam melaksanakan Pilwalkot 2020 harus berjalan sesuai rel yakni sesuai dengan peraturan perundang-undangan, Peraturan KPU RI, dan keputusan KPU Surakarta,” ujar Nurul.

Beliau menambahkan Pilwalkot 2020 sesuai dengan tagline “Solo Bungah Lan Mukti”. Bungah karena pesta demokrasi tidak hanya dinikmati oleh penyelenggara saja tetapi juga seluruh masyarakat Surakarta untuk mewujudkan pemimpin yang tegas dan adil.

Pada kesempatan ini pula Walikota FX. Hadi Rudyatmo atas nama Pemerintah Kota Surakarta mengajak masyarakat berbondong-bondong datang ke TPS (Tempat Pemungutan Suara) untuk menggunakan hak pilih sebagai wujud dukungan terhadap KPU dalam menyelenggarakan pemilihan kepala daerah yang berkualitas.

Uswatun Hasanah
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,383

Visitors total

330,699

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta