Pemerintah Kota Surakarta
Canangkan Mall Siaga Candi Penanganan Covid 19 Di Tempat Publik Surakarta Semakin Menyeluruh
  April 22, 2021 12:59

SURAKARTA – Wakil Walikota Surakarta, Teguh Prakosa, mewakili Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka, Kamis (22/4/2021) mencanangkan Mall Solo Paragon sebagai Mall Siaga Candi, di Lantai 2 pusat perbelanjaan tersebut.

Pencanangan ditandai dengan memutar Party Popper Confety oleh Wakil Walikota didampingi Kapolresta  AKBP Adhe Safri Simanjuntak, perwakilan Kodim 0735 Surakarta, Operational Manager Budiyanto Wiharto dan General Manger Veronica Solo Paragon Mall serta pejabat terkait.

Dalam sambutannya Teguh Prakosa menjelaskan, walaupun kasus Covid 19 sudah landai, masyarakat Kota Surakarta harus tetap waspada dengan melaksanakan prokes 5 M secara ketat. Hal ini untuk mengantisipasi meledaknya virus Covid 19 seperti di India belum lama ini.

“Mall Paragon jadi contoh mall siaga candi pertama di Kota Surakarta yang menyediakan posko untuk mencegah penyebaran virus Covid 19 di tempat publik. Kami sangat menghagai dan mendukung. Hal ini menunjukan kepedulian masyarakat dalam bersinergi dengan pemerintah menaggulangi Covid 19,” katanya.

Dijelaskan, Untuk bisa survive dalam masa pandemi, masyarakat dituntut untuk hidup berdampingan dengan virus tersebut dengan vaksinasi dan melakukan protokol kesehatan 5 M secara ketat. “Menuju hidup normal butuh setahun dua tahun. Boleh khawatir namun harus bergerak maju. Kita harus berpikir kreatif,”  ucapnya.

Teguh berharap, Paragon diharapkan benar benar taat sebagai Mall Siaga Candi sehingga menjadi role model bagi mall lainnya di Kota Surakarta dan daerah sekitarnya.

“Bagaimana menggaungkan Protokol Kesehatan 5 M masyarakat saat mengunjungi dan berbelanja di mall atau pusat perbelanjaan. Selamat pada Mall Paragon. Harapan kami bisa terjaga dengan baik dan tidak ada klaster dari mall,” pinta Teguh.

Sementara, Kapolresta menjelaskan, tujuan dibentuknya Mall Siaga Candi bertujuan untuk menginisiasi kesadaran semua mall di Surakarta untuk turut membantu satgas covid dalam pencegahan dan penanggulangan covid-19,serta bergotongroyong antara pemerintah khususnya aparat dan masyarakat dalam hal ini swasta dan seluruh stakeholder untuk tetap menerapkan protokol Kesehatan.

“Kita coba gerakan untuk mentriger kemandirian di masyarakat dan kepedulian masyarakat akan bahaya Covid 19 beserta dampak buruknya. Kita juga akan beri tali asih bansos dan baksos. Kita berharap pencanagan mall siaga candi selain dari kesadaran prokes lebih bagus akan membantu mempercepat kembali ke kehidupan normal,” tandas Adhe.

Kapolresta mengungkapkan , pihaknya sudah membentuk 54 kampung siaga candi, 5 pesantren siaga candi. Dan ke depan ada stasiun siaga candi untuk membatasi penyebaran Covid 19 di Kota Surakarta bersinergi dengan program Jogo Tonggo.

Sementara Budiyanto direktur paragon mall menjelaskan, “Kami bangga sekali ditunjuk Mall Siaga Candi. Pandemi juga mempengaruhi usaha retail sejak maret 2020 sampai sekarang sehingga berdampak pada kunjungan pada pasar modern. Banyak usaha tenant di mall tutup karena tidak ada pengunjung atau pembeli,” ulasnya.

Diungkapkannya, Paragon Mall secara mandiri membentuk tim internal untuk mengantisipasi penyebaran Covid 19 di semua bagian mall. “Kami selalu sosialisasikan protokol kesehatan pada para pengunjung selain dengan pengukuran suhu badan dan memberi cairan desinfektan,”. Dalam mengantisipasi penyebaran virus, Mall Solo Paragon memiliki alat scanner suhu tubuh digital, ruang isolasi, dan peralatan Kesehatan.” Jika ada pengunjung yang memiliki suhu diatas ketentuan, akan diisolasi dan selanjutnya akan berkoordinasi dengan tim satgas anti covid Solo. Kegiatan spesifikasi yang dilakukan oleh tim yaitu dengan mengingatkan petugas tenant dan pengunjung untuk selalu melakukan prokes 5 M dengan pengeras suara”.

Budiyanto mengusulkan pada Pemerintah Kota Surakarta untuk pengiriman dan pemberian vaksin lebih cepat sehingga para tenant atau penyewa mall dan pegawai mall bisa segera divaksin.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,383

Visitors total

330,699

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta