Kunjungan Kerja Ke Kota Surakarta, Komisi II DPR RI Apresiasi Penyelenggaraan Mall Pelayanan Publik
May 27, 2021 13:05
Mider Projo, Gibran Teguh Tinjau Titik Lokasi Genangan Saat Hujan
May 28, 2021 09:05

Walikota Surakarta Hadiri Video Conference Rakornis Terpusat TMMD Ke – 111

SURAKARTA – Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, Kamis (27/5/2021) menghadiri Video Conference Rakornis Terpusat TMMD Ke – 111, di Ruang Data Makorem 074 Warastratama Surakarta. Walikota Didampingi Danrem Warastratama Kol. Infantry Dedy Suryadi, Dandim 0735 Surakarta, Letkol Inf. Ali Akhwan dan Ketua DPRD Budi Prasetyo mendengarkan arahan teknis dari Mabes TNI Terkait pelaksanaan TMMD ke – 111 di Indonesia.

Dalam kegiatan tersebut Walikota dan Ketua DPRD Surakarta beserta pejabat terkait TNI mendapat penjelasan gambaran rencana pelaksanaan giat TMMD Tahun Anggaran 2021. Hal tersebut sebagai pedoman Datsatgas TMMD, kementrian / LPNK terkait, Pemda dan mitra TNI dalam pelaksanaan giat TMMD Ke – 111 Tahun 2021.

TMMD merupakan operasi bhakti yang dilaksanakan secara lintas sektoral dan terpadu dan lintas sektoral bersama Kementrian / LPNK, Pemda serta komponen masyarakat sebagai upaya mendukung percepatan pembangunan di wilayah.

Adapun sasaran prioritas TMMD terbagi dalam wilayah – wilayah daerah miskin, tertinggal, terisolir dan terpencil; daerah kumuh perkotaan; daerah perbatasan dan pulau terluar serta daerah terdampak bencana alam.

Sasaran pembangunan TMMD dikatagorikan dalam sasaran fisik dan non fisik. Adapun sasaran fisik menyasar antara lain peningkatan kualitas jalan, pembuatan jembatan, pembuatan irigasi, pembangunan tempat ibadah, rehab sekolah dan pembuatan sanitasi, pembuatan talud dan pembuatan siskamling. Sementara sasaran pembangunan non fisik di antaranya pasar murah, penyuluhan, pemutaran film kebangsaan, pelayanan kesehatan, donor darah, perpustakaan keliling, sunatan masal dan pembagian sembako.

TMMD Ke 111 Tahun 2021 mengusung tema TMMD mewujudkan sinergi membangun negeri. Dalam TMMD tersebut bakal diterjunkan 111 prajurit dalam operasional TMMD nya.

Pelaksanaan TMMD Ke 111 Tahun Anggaran 2021 dilaksanakan di 50 kabupaten / kota, 57 kecamatan dan 71 desa / kelurahan. Pembukaan Pada 15 Juni 2021 dengan penandatanganan dan penyerahan naskah serah terima dari bupati / walikota kepada dan satgas. Sementara pada penutupan pada 14 Juli 2021, dilakukan penandatanganan dan penyerahan naskah serah terima dari dansatgas kepada bupati / walikota.

Lokasi TMMD di wilayah Kodam IV Diponegoro yakni Kodim 0704 Banjarnegara, Kodim 0734 Yogyakarta, Kodim 0718 PATI dan Kodim 0735 Surakarta.

Penekanan keberhasilan TMMD pada Rencana Umum TMMD harus dipedomani agar tujuan dan sasaran tercapai, TMMD dipublikasikan secara masif, penerapan protokol kesehatan secara ketat serta Pekerjaan selesai 100 persen pada saat penutupan TMMD.

Untuk lebih meningkatkan dukungan, pemahaman dan pengertian publik akan pentingnya TMMD, TNI menggelar Lomba Karya Jurnalistik TMMD Ke 111 Tahun 2021. Lomba diperuntukkan bagi Kapendam ( 15 peserta ), Dansatgas ( 50 ), Kapenrem ( 42 ), wartawan media cetak / on line dan wartawan media elektronik ( Televisi ).

Comments are closed.