Pemerintah Kota Surakarta
Walikota Surakarta Hadiri Pelantikan Wakil Rektor UMS
  June 2, 2021 11:10

SURAKARTA – Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, Rabu (2/6/2021) menghadiri kegiatan Pelantikan Wakil Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta Masa Jabatan 2021 – 2025 di Edutorium UMS, di Perbatasan Kartasura Sukoharjo dan Surakarta.

Dalam kesempatan tersebut juga hadir Bupati Sukoharjo, Etik Suryani.

Walikota Gibran mengharapkan Lima Wakil Rektor UMS yang baru mampu  bersinergi dan memberikan kontribusi nyata dan solusi untuk memajukan Solo Raya dengan memberikan sumbangsih ilmu pengetahuan yang diimplementasikan dengan sains terapan pada kehidupan masyarakat.

“Mudah mudahan pelantikan wakil rektor ini membawa harapan baru ke arah kemajuan pendidikan tinggi yang berberimplikasi pada kemajuan daerah di berbagai sektor,” Jelasnya.

Sementara Bupati Etik mengharapkan pada UMS untuk segera koordinasi dan komunikasi  untuk membangun komitmen baru dan universal membangun PT yang sehat mewujudkan pendidikan tinggi berkualitas dengan mengabdikan ilmunya pada masyarakat.

“Selamat bekerja dengan ketulusan hati untuk berkarya bagi bangsa Indonesia,” katanya.

Pelantikan wakil rektor kali ini merupakan pelantikan kedua dengan formasi lima wakil rektor dengan masa jabatan 2021 – 2025.

Adapun lima wakil rektor yang dilantik adalah Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M. Hum sebagai Wakil Rektor I ( Bidang Akademik ), Prof. Dr. Apt. Muhamad Da’i, M. Si sebagai Wakil Rektor II ( Bidang Keuangan dan Sistem Informasi), Ikhwan Susilo, SE, M. Si, PhD sebagai Wakil Rektor III ( Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Pengkaderan  ), Prof. Dr. dr. Em Sutrisna, M. Kes sebagai Wakil Rektor IV ( Bidang Bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dan Kerjasama ) dan Supriyono, ST, MT, PhD. sebagai Wakil Rektor V ( Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset ).

Nama – nama yang dilantik tersebut menggantikan wakil – wakil rektor sebelumnya pada masa jabatan 2017 – 2021, Dr. Muhammad Da’i, M.Si, Apt sebagai Wakil Rektor Bidang Akademik, Ir. Sarjito, M.T, Ph.D sebagai Wakil Rektor bidang Keuangan dan Sistem Informasi, Taufik, M.Si, Ph.D sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Pengkaderan, Dr. Fattah Santosa, M.Ag sebagai Wakil Rektor Bidang Al-Islam dan Kemuhammadiyahan dan Kerjasama, Drs. Muhammad Musiyam, MTP sebagai Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset.

Pelantikan dipimpin secara langsung oleh Rektor UMS Dr. Sofyan Anif, M.Si. dan disaksikan oleh Ketua Dikti Litbang PP Muhammadiyah Prof. H. Lincolin Arsyad, M.Sc., Ph.D.

Dalam sambutanya, Dr. Sofyan Anif, M.Si menyampaikan kiat-kiat kinerja rektor dan wakil rektor untuk mencapai World Class Research University. Sesuai dengan visi dan misi UMS untuk menciptakan universitas berskala internasional, maka perlu adanya peningkatan kerjasama, manajemen dan optimalisasi kinerja di UMS, sehingga diharapkan dengan peningkatan kualitas SDM mampu memacu output yang berkualitas. Selain itu, sistem informasi berbasis IT di lingkungan UMS akan diintegrasikan secara tersentral, untuk meningkatkan layanan publik.

Senada dengan Rektor UMS, Ketua Dikti Litbang PP Muhammadiyah Prof. H. Lincolin Arsyad, M.Sc., Ph.D. sangat mengapresiasi tujuan UMS untuk mencapai World Class Research University sehingga perlu SDM yang dipersiapan secara matang. Selain itu disampaikan pula bahwa PTM harus memenuhi tiga karakter Unggul, Berdaya saing dan Berkemajuan.

Sebagai penutup Dr. KH. Haedar Nashir, M.Si. memberikan wejangan bahwa kepemimpinan haruslah seorang yang mampu menerjemahkan visi dan misi untuk direalisasikan. Selanjutnya kerjasama rektor, wakil rektor beserta jajaran dibawahnya harus memiliki satu mimpi. Memberdayakan SDM dan memperluas jangkauannya. Sekaligus menghimpun aspirasi seluruh warga UMS dan menjadikanya sebagai langkah kedepannya. Terakhir, UMS adalah media dakwah maka jadikanlah keunggulan dalam akhlak dan penelitian yang mampu menjadi kemaslahatan bagi umat dan perserikatan.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

21

Visitors today

12

Visits total

425,377

Visitors total

330,696

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta