Walikota Surakarta Dampingi Mendikbudristek Tinjau PTM di Kota Solo
September 13, 2021 09:07
Bhakti Alumni AKABRI 1996 Latih Dan Kembangkan UMKM Secara Digital Di Kota Surakarta
September 14, 2021 09:25

Walikota Gibran Dampingi Nadiem Makarin Resmikan Ruang Praktek Siswa di SMK N 2 Surakarta

Surakarta-Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dampingi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim peresmian renovasi ruang praktek siswa dan ruang teori siswa di SMK N 2 Surakarta.

Nadiem Makarim menyampaikan bahwa SMK adalah sebuah wirausaha yang melatih anak muda berbakat untuk memproduksi barang maupun jasa serta menjadi UMKM yang menyediakan layanan barang maupun jasa yang dibutuhkan pasar. Harapannya dengan tujuan ini SMK bisa maju di abad ke-21 ini. 

“Kita membutuhkan kolaborasi holistik dimana industri yang memimpin proses pembelajaran kurikulum praktisi dan peningkatan kompetensi guru-guru,” ujar Nadiem.

Sejalan dengan visi nasional penguatan SMK oleh Kemendikbudristek saat ini, revitalisasi pendidikan vokasi salah satu prioritas merdeka belajar selain revitalisasi gedung juga diikuti dengan revitalisasi software didalamnya, manusianya, dan proses belajarnya.

Selain itu, Nadiem juga memaparkan program terbaru dari Kemendikbudristek yang merupakan kelanjutan dari SMK center of excellence yaitu SMK Pusat Unggulan. Program ini merupakan terobosan komprehensif yang ditujukan untuk menjawab tantangan kondisi SMK dan harapannya dari program ini adalah dapat menghadirkan mentor-mentor untuk SMK lain. 

“Saya juga ingin mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada pemerintah daerah Kota Surakarta atas dukungannya yang dapat menghadirkan SMK yang sesuai dengan tuntutan zaman yang serba digital,” tambah Nadiem. 

Beliau juga menambahkan terimakasih kepada bapak ibu pengajar dan siswa siswi atas semangatnya dalam mengupayakan perbaikan di tengah situasi yang menantang ini. Nadiem juga berharap bahwa sekat di antara SMK dan mitra industri dapat hilang sehingga menghasilkan berbagai macam inovasi. Selain itu, perguruan tinggi bisa mulai memperhatikan siswa siswi SMK dan tercapai ekosistem yang terpadu.

“Saya yakin hasil dari kolaborasi ini semakin memupuk ketangguhan anak-anak kita di masa depan. mari kita tumbuhkan semangat berkembang dan inovasi untuk sekolah vokasi yang kuat sehingga dapat menguatkan Indonesia,” tutup Nadiem.

Pada kesempatan ini, Nadiem juga menandatangani Pakta Komitmen Kerjasama antara Pengusaha Peduli Sekolah Vokasi RI dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah tentang Hibah Revitalisasi Ruang Kelas & Praktek dan Pengembangan Program Link & Match Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Surakarta dan Sekitarnya. Turut ditandatangani pula oleh Walikota Surakarta prasasti renovasi ruang praktek siswa dan ruang teori siswa SMK N 2, 5, dan 6 Surakarta.

Rangkaian kunjungan kerja Mendikbud Ristek berakhir di Rumah Dinas Walikota, Loji Gandrung. Walikota Surakarta mengajak Mendikbud Ristek berkeliling area Loji Gandrung. Nadiem antusias memperhatikan setiap sudut dan menyempatkan untuk berswafoto bersama.

Comments are closed.