Pemerintah Kota Surakarta
Batik Danar Hadi “Living in Heritage”
  October 2, 2021 10:33

Surakarta-Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming, menghadiri pembukaan program Living in Heritage di Ndalem Wiryoningratan, Sabtu (2/10). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Danar Hadi dalam rangka ulang tahun ke-54 sekaligus Hari Batik Nasional Tahun 2021. “Living in Heritage” dari Danar Hadi  menampilkan pameran koleksi eksklusif batik Danar Hadi  hasil karya maestro batik Indonesia, Alm Bp. H. Santosa Doellah.

Pembukaan pameran “Living in Heritage” akan dilaksanakan di Ndalem Wuryo Ningratan (House of Danar Hadi – Solo) serta dilakukan di beberapa Rumah Batik Danar Hadi yang ada di Jakarta, Surakarta, Yogyakarta, Semarang dan Surabaya selama periode 2 – 31 Oktober 2021.

Acara dibuka langsung Walikota dengan simbolis mengecap batik dan dilanjutkan penyerahan jaket hasil kolaborasi Danar Hadi dan brand fashion lokal Rown DVSN.

 Walikota memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini sekaligus berharap agar batik dapat terus berkembang khususnya digunakan disegala situasi tidak hanya saat acara resmi.

“Kini giliran kita anak-anak muda untuk melestarikan batik. Batik bisa digunakan disegala situasi tidak hanya kondangan. Misalnya digunakan saat main ke mall atau nongkrong. Dan ini Luar Biasa sekali ini kolaborasi Danar Hadi dan Rown Dvsn menjadi bukti bahwa batik dapat dikembangkan untuk anak muda,” jelasnya.

Ia menegaskan bahwa batik tidak boleh mati karena itu Gibran mendorong anak muda untuk menggunakan batik dalam kegiatan sehari-hari.

“Sekali lagi batik ini adalah aset budaya bangsa. Jadi anak-anak muda bisa menggunakan pada kegiatan sehari hari karena motifnya juga banyak,” tambahnya.

Batik Danar Hadi selalu melakukan inovasi produk dan mengeluarkan koleksi-koleksi batik terbaru dengan terus mengikuti perkembangan fashion yang semakin modern dan masakini. 

“Batik Danar Hadi, sebagai penjaga wastra kekayaan budaya Indonesia , mampu menerjemahkan nilai-nilai luhur kearifan dalam ragam hias motif batik yang dapat terus diaplikasikan di dalam kehidupan modern saat ini” ujar Diana Santosa, Managing Director PT Batik Danar Hadi

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

4

Visitors today

4

Visits total

425,647

Visitors total

330,851

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta