Pemerintah Kota Surakarta
Hadapi Masa Depan, Anak Sedari Dini Dibekali Pengetahuan Dan Keterampilan Hidup
  October 2, 2021 11:19

SURAKARTA – Wakil Walikota Surakarta, Teguh Prakosa, Sabtu (2/10/2021) membuka kegiatan Pemantapan Forum Anak Surakarta, di Bale Tawangarum, Balaikota Surakarta. Pada kesempatan yang sama, Teguh pun memberikan arahannya pada puluhan anggota Forum anak Se Surakarta.

Teguh menegaskan inti dari mempersiapkan anak menyongsong masa depan adalah kerja nyata bagaimana anak anak tidak perlu berteori tapi bagaimana mengimplementasikan atau penerapan langsung pengetahuan dan keterampilan dalam menjalani kehidupan di masyarakat. Tak lupa, anak – anak masa sekarang harus dididik untuk memiliki tata krama, unggah ungguh dan dan semangat gotong royong. 

“Anak anak yang menjadi tulang punggung negara ini. Pengetahuan kehidupan dan dasar – dasar keterampilan  adalah guru yang paling baik.. Jabatan kita atau pekerjaan sekarang  adalah hasil dari sekolah kehidupan,” tandasnya. 

Harapan Wakil Walikota, Forum Anak Kota Surakarta harus mampu menjalankan program kerjanya dengan baik. “Jangan hanya menyampaikan proposal untuk minta bantuan pembinaan atau modal usaha tapi ternyata tidak punya latar program kerja yang jelas,” ungkap Teguh.

Pemerintah akan memberi bantuan kalau pengurus dan anggota memiliki kemauan untuk maju. Dukungan atau bantuan yang diberikan merupakan stimulan untuk memancing tindakan dan kerja nyata mewujudkan program kerjanya. 

Lebih lanjut dijelaskannya, Pemkot hanya ingin anak – anak Kota Surakarta tumbuh berkembang sesuai dengan usianya didampingi dengan pembinaan yang terarah dan jelas selain pendidikan yang diterima dari bangku sekolah.

Kegiatan dilaksanakan merupakan kegiatan yang realistis dan harus ada target. Idealisme setiap anak harus dimunculkan sehingga bakat atau skill bisa dengan sendirinya tumbuh dan dikembangkan.

Anak  anak harus mampu mengidentifikasi dirinya sendiri supaya bisa fokus mengerjakan sehingga menghasilkan yang terbaik. 

Forum anak dibentuk harus dari bottom up dengan ide yang bisa dipertanggungjawabkan  dari anak anak. “Saya titip, bahwa hidup ada pilihan. Kalau sudah memilih itu harus ditekuni. Belajar dan Bekerja dengan tekun, sabar ikhlas. Hasil yang terbaik akan dipetik nantinya,” jelasnya. 

Anak anak harus diberikan pendidikan  untuk mandiri. Ilmu harus bisa dimanfaatkan  dalam kehidupan sehari hari untuk memunculkan hal yang baru. Semangat berkarya merupakan harapan dari Pemerintah Kota Surakarta pada Forum Anak untuk berkarya di tengah percepatan pemulihan ekonomi pasca Pandemi Covid 19.

Sementara, Sri Wardani Purbo Wijoyo, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Dan Pemberdayaan Masyarakat Kota Surakarta, menerangkan, Forum Anak Surakarta ( FAS ) dibentuk sebagai salah satu upaya untuk mengimplementasikan prinsip atas penghargaan terhadap pandangan anak di tingkatan kota. 

“FAS diharapkan dapat menjadi ruang bagi pengurus untuk dapat berpartisipasi dalam setiap pengambilan kebijakan yang terkait dengan anak. Selain itu, forum anak di berbagai tingkatan juga dibentuk sebagai bagian upaya untuk membangun persepsi positif masyarakat terhadap perlunya menghargai pandangan anak,” uraiannya.

Menurut Wardani, perlu adanya peningkatan kapasitas pengurus forum anak agar pandangan dan pendapatnya dapat menjadi rujukan Pemerintah Kota Surakarta dan masyarakat di dalam pengambilan keputusan. 

Anak perlu dibekali pengetahuan tentang hak anak, tahapan partisipasi, meningkatkan kemampuan berkomunikasi serta menyampaikan pandangannya secara baik di dalam proses perencanaan pembangunan.

Kegiatan diikuti para fasilitator Forum anak Kota Surakarta, Ketua Gugus Tugas Kota Layak Anak Surakarta, Kepala Bappeda dan instansi terkait dengan kegiatan Forum Anak Surakarta.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

1

Visitors today

1

Visits total

425,644

Visitors total

330,848

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta