Pemerintah Kota Surakarta
Tak Harus ke Mall, Ini Rekomendasi Wisata Alam di Sekitar Solo yang Hits!
  January 22, 2022 13:12

Lagi libur tapi bingung mau pergi ke mana dan bosan dengan lokasi yang itu-itu saja? Di sekitar Kota Solo ternyata memiliki banyak rekomendasi wisata yang bisa jadi pilihan biar liburanmu tidak menjemukan. Mulai dari lokasi yang tergolong mudah dijangkau hingga terjal, semuanya bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Berikut beberapa rekomendasi yang bisa dipilih dan yang terpenting tak perlu mahal untuk mendapatkan hiburan yang asik.

  1. Air Terjun Jumog, Karanganyar

Salah satu destinasi wisata yang tidak lagi asing ini menawarkan pemandangan yang asri dan segar. Suara gemercik air yang menenangkan menjadi wahana tepat bagimu untuk sekedar melepas stress atau buat kamu yang ingin tenang dan sedikit menyingkir dari hiruk pikuk perkotaan. Hanya perlu mengeluarkan uang Rp5.000 kamu sudah bisa menikmati pemandangan “surga yang hilang” ini di Jl. Plesungan, Gandu, Berjo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

  1. Candi Ceto, Karanganyar

Candi dengan gapura yang sangat ikonik menjadi daya tarik tersendiri apalagi buat kamu yang punya hobi foto. Apalagi ditambah dengan langit senja yang epik, dijamin fotomu di sini bakal jadi yang terbaik buat menghiasi laman media sosialmu. Beralamatkan di Ceto, RT.01/RW.03, Cetho, Gumeng, Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah kamu hanya perlu merogoh kocek Rp7.000 untuk mendapatkan pemandangan indah yang sebenarnya.

  1. Batu Seribu, Sukoharjo

Salah satu yang menjadi ikon dari lokasi ini yaitu Bukit Sepikul. Bukit Sepikul sendiri dinamai demikian karena keberadaan Gunung Sepikul dan Gunung Kembar yang terlihat sejajar seolah keduanya merupakan gunung yang siap dipikul. Selain itu keberadaan beberapa spot menarik seperti gardu pandang, camping ground, area bemain, hingga kolam renang menambah menarik lokasi yang mempunyai kesan purba ini. Momen paling indah di lokasi ini yaitu saat senja dan matahari hendak tenggelam di ufuk barat. Berlokasi di Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Sukoharjo, Jawa Tengah untuk masuk ke lokasi ini, kamu perlu mengeluarkan uang Rp5.000-Rp15.000.

  1. Bukit Cumbri, Wonogiri

Serasa sedang berada di atas awan, wisata ini menawarkan hal tersebut dengan ketinggian 638 mdpl. Untuk sampai ke sini, kamu butuh waktu kurang lebih 1 jam dengan medan yang cukup terjal. Tanpa dipungut biaya, usahamu untuk mencapai tempat yang berlokasikan di Desa Kepyar, Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah akan terbayarkan.

  1. Pantai Karangpayung, Wonogiri

Tak hanya Wonosari, Wonogiri rupanya memiliki pantai yang tak kalah dengan pemandangan di Bali. Meski membutuhkan usaha yang lebih untuk mencapai lokasi ini namun ketika sampai, rasa lelahmu akan terbayarkan karena pemandangan yang sangat eksotis akan kamu dapatkan. Beralamatkan di Palem, Gunturharjo, Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, kamu bisa masuk ke pantai ini dengan gratis. 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

3

Visitors today

2

Visits total

425,860

Visitors total

330,982

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta