Pemerintah Kota Surakarta
Jenang, Simbol Perayaan HUT Kota Surakarta
  February 6, 2022 10:29

Salah satu makanan tradisional yang selalu jadi suguhan istimewa saat Hari Ulang Tahun Kota Surakarta adalah jenang. Bahkan sejak 2012, secara rutin digelar perayaan HUT kota dengan membagikan berbagai ragam jenang. Jenang yang dikenal di Solo merupakan makanan manis yang terbuat dari tepung beras atau tepung ketan dengan santan dan gula merah. Makanan jenang telah melekat pada masyarakat Jawa tidak terkecuali masyarakat Solo.

Kekayaan kuliner yang menasional ini dilestarikan agar tetap terjaga di tengah serbuan berbagai makanan non nusantara. Jenang sendiri tidak hanya ada satu jenis namun mencapai 17 macam. Ada Jenang Sepasaran, Jenang Lemu, Jenang Grendul, Jenang Timbul, Jenang Ngangrang, Jenang Warni Empat, Jenang Taming, Jenang Sumsum, Jenang Pati, Jenang Kokoh, Jenang Slaka, Jenang Lahan, Jenang Majemukan, Jenang Katul, Jenang Procot, Jenang Abang Putih, dan Jenang Sengkala. 

Ragam jenang itupun disajikan pada momen-momen tertentu dan hanya pada saat HUT Kota Surakarta, maka sengaja disajikan bersama-sama. Jenang ini mewujudkan makna doa, harapan, persatuan hingga semangat masyarakat. Jenang procot misalnya, biasanya disajikan ketika persiapan kelahiran anak. Tentu harapannya kelahiran anak berjalan dengan lancar (procot).

Sebenarnya tidak sulit menemukan jenang di Kota Surakarta karena hampir di semua pasar tradisional menjual jenang meski tidak semua jenang dijajakan. Biasanya mereka menjual jenang pati, jenang abang putih, jenang grendul dan jenang lemu. Pun ada kalanya ada warga yang menjajakan rutin berkeliling dari kampung ke kampung. Biasanya penjualnya ibu-ibu serta memakai alat transportasi sepeda. Pada HUT Kota Surakarta masyarakat dapat melihat banyak jenis jenang serta merasakan sensasi kuliner yang luar biasa.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

426,497

Visitors total

331,352

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta