Pemerintah Kota Surakarta
Sentra IKM Mebel sebagai Ikon Baru di Solo Utara
  February 10, 2022 13:28

Dibangunnya Jalan Tol Trans Jawa yang tentu memperkuat posisi strategis Jakarta dan Surabaya tentu menjadi peluang tersendiri bagi Jawa Tengah yang menghubungkan kedua kota tersebut. Menangkap sinyal elemen ini, peluang baik perlu dimaksimalkan keberadaannya sebagai potensi untuk mendongkrak kemajuan daerah dari berbagai sektor salah satunya ekonomi.

Kota Solo sebagai salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki perkembangan pembangunan dan aktivitas tertinggi di Jawa Tengah selayaknya Jabodetabek perlu dilakukan penataan agar semuanya terpusat dan tertata sesuai dengan potensi wilayah masing-masing sebagai upaya pengembangan sektor dan komoditas unggulan, pengembangan pusat-pusat kegiatan ekonomi, penguatan konektivitas antar pusat pertumbuhan ekonomi, upaya pemerataan pembangunan wilayah dan peningkatan sumber daya manusia dan IPTEK. 

Dengan posisi strategis dan potensi wilayah yang dimiliki tentu zonasi perlu diwujudkan dan dimaksimalkan sehingga sentralisasi di berbagai sektor bisa diperkuat. Salah satu yang saat ini sedang diupayakan untuk dijadikan sebuah ikon baru di Kota Solo yaitu Gilimanuk (Gilingan, Manahan, dan Nusukan) yang berada di sebelah utara. Dari ikon ini diharapkan Solo Utara mampu mendongkrak pemerataan pembangunan di Kota Solo sehingga baik utara, tengah, maupun selatan semuanya memiliki kekuatan yang sama dan rata khususnya di bidang ekonomi.

Sebagai langkah pemerataan pembangunan khususnya di Solo Utara ini Pemerintah Kota Solo ingin mendorong industri mebel Gilingan menjadi Sentra Industri Kecil dan Menengah (IKM) Mebel di Kota Solo. Dengan adanya sentralisasi ini tentu identitas akan melekat dan menjadi ikon kuat bagi Kota Solo di mana lokasi ini diharapkan menjadi top of mind bagi setiap orang yang sedang mencari mebel serta mampu mendorong peningkatan ekspor produk non tekstil baik dalam skala nasional maupun internasional. Upaya sentralisasi ini tak hanya semata-mata untuk penataan saja namun lebih dari itu, dengan sentralisasi ini tentu secara tidak langsung akan meningkatkan industri mebel yang lebih siap dengan fasilitas yang akan menunjang industri ini agar lebih maju dan lebih dikenal sebagai kawasan Sentra IKM Mebel. 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,532

Visitors total

330,782

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta