Pemerintah Kota Surakarta
Serahkan Urusan Kependudukan pada SAPUKUWAT
  February 10, 2022 14:16

Pemerintah Kota Surakarta mempunyai berbagai program kerja yang ditujukan untuk mempermudah masyarakat Kota Solo dalam mengurus administrasi, salah satunya yaitu Program SAPUKUWAT (Satu Paket Urusan Kependudukan Warga Terpenuhi). 

SAPUKUWAT merupakan program pelayanan akta kelahiran yang terintegrasi menjadi satu kolaborasi dari Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surakarta, BPJS, Dinas Kesehatan dan fasilitas pelayanan kesehatan. Masyarakat Kota Solo dapat memanfaatkan program ini untuk mempermudah mendapatkan dokumen kependudukan serta akan mendapat kartu BPJS Kesehatan sementara. 

Paket dokumen yang akan diperoleh masyarakat terdiri dari akta kelahiran, Kartu Identitas Anak (KIA) khusus anak dibawah 17 Tahun, KK Tambah Jiwa (khusus bayi baru lahir), E-Id BPJS bagi Peserta JKN PBI (Jaminan Kesehatan Nasional Penerima Bantuan Iuran) baik yang ditanggung APBD maupun APBN. Jika terdapat bayi baru lahir mendapatkan buku Bolo Kuncoro (Bocah Solo Tekun Moco Aksoro) dan kartu ucapan selamat atas kelahiran dari Walikota Surakarta. 

Untuk mendapatkannya pun sangat mudah, pemohon cukup melapor dan mengurus permohonan akta kelahiran di kantor kelurahan setempat, dengan membawa berkas persyaratan yang dibutuhkan. Seperti surat lahir dari rumah sakit serta surat keterangan tambah jiwa dari RT/RW setempat. Bila bayi lahir di rumah pemohon bisa mendaftarkan dengan surat tanggung jawab mutlak dan surat nikah serta KTP & KK asli serta KTP dua saksi. Adapun saksi tidak perlu hadir.

Proses ini akan menghemat waktu karena pendelegasian data akan diinput oleh petugas kelurahan ke dalam Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) yang terkoneksi dengan server dinas. Setelah diverifikasi oleh dinas, nantinya akta kelahiran akan langsung dicetak dan dikirimkan ke kelurahan tempat tinggal.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

5

Visitors today

4

Visits total

425,857

Visitors total

330,980

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta