Pemerintah Kota Surakarta
Pengaplikasian Smart City, Solo Sebagai Kota Masa Depan
  February 25, 2022 10:49

Dalam melaksanakan agenda mewujudkan Solo sebagai Smart City, Pemerintah Kota Solo turut menggandeng beberapa instansi swasta untuk bisa terlibat langsung sebagai akselerator Kota Masa Depan (Kolaborasi Nyata Untuk Masa Depan). Diantaranya, kolaborasi dengan tiga raksasa digital di Indonesia yaitu Grab, Emtek, dan Bukalapak. Adapun agenda terdekat adalah merangkul para pemilik UMKM untuk go digital.

Dengan target lebih dari 1.500 pelaku UMKM yang ada di Solo, agenda yang dilakukan adalah mendampingi para pelaku UMKM untuk onboarding, bergabung dan mendapatkan pendapatan yang lebih melalui pembuatan toko digital. Pelaku UMKM pun diharapkan bisa menjangkau jutaan konsumen tiga raksasa digital tersebut. Dan pastinya, program ini juga bisa membantu UMKM untuk naik kelas melalui fasilitas digitalisasi.

Salah satu cara untuk menempuh hal ini adalah dengan mengadakan sharing session, pendampingan, dan pelatihan supaya UMKM menjadi lebih kompetitif serta menciptakan lapangan pekerjaan baru. Tak hanya itu, pelaksanaan kota masa depan ini juga bisa membantu mencapai target digitalisasi 30 juta UMKM pada tahun 2024, serta mempercepat upaya pemulihan ekonomi bangsa.

Kota Masa Depan merupakan sebuah program akselerator ekstensif yang diselenggarakan secara bertahap hingga kuartal kedua 2022 di berbagai kota di Indonesia termasuk di Solo. Program berjalan dengan memiliki fokus pada tiga prioritas, yakni vaksinasi, adopsi platform digital, dan Pemberdayaan UMKM melalui pelatihan dan pendampingan untuk pengembangan usaha melalui teknologi digital.

Adapun peranan Grab, Emtek, dan Bukalapak yaitu menggabungkan keahlian untuk melatih dan mendampingi UMKM dalam rangka meningkatkan kemampuan UMKM supaya siap bergabung dalam ekonomi digital. Dengan cakupan program Kota Masa Depan Solo yang terdiri dari:

  • Lebih dari 1.500 pelaku UMKM di Solo ditargetkan onboarding program ke platform Grab dan Bukalapak
  • Promosi dan potongan harga di ekosistem Grab dan Bukalapak
  • 54 UMKM yang terpilih akan mengikuti program akselerator dalam mengelola bisnis yang dimentori oleh Bukalapak dan Grab
  • 3 UMKM terbaik akan mendapatkan publikasi melalui jaringan media Emtek
Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,984

Visitors total

331,050

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta