Walikota Surakarta Keluarkan SE PPKM Terbaru
February 16, 2022 09:31

Pelayanan Pajak Daerah di Kota Solo

Pajak daerah merupakan salah satu sumber pendapatan bagi pemerintah daerah yang cukup penting. Pajak daerah ini terdiri dari berbagai jenis. Untuk memudahkan pelayanan, Pemerintah Kota Surakarta membuka penjelasan layanan pajak daerah melalui https://bppkad.surakarta.go.id/. Hal ini diharapkan agar para wajib pajak tak perlu repot-repot mendatangi kantor pelayanan pajak daerah menanyakan berbagai informasi yang dibutuhkan.

Ada 13 jenis layanan yang disediakan untuk urusan pajak daerah, yakni permohonan objek baru PBB, mutasi/perubahan subjek dan objek pajak PBB, pembetulan Surat Pemberitahuan Pajak Terhutang (SPPT), pengurangan ketetapan, surat keterangan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) PBB, salinan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT), keberatan atas surat keterangan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) PBB, surat keterangan lunas PBB, pengurangan sanksi administrasi, Surat Keterangan Bebas pajak (SKB), pembetulan SK Keberatan, restitusi dan pembatalan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT).

Masyarakat juga dapat melakukan pengurusan pajak daerah via online dengan cara memiliki akun di web pajak Surakarta. Adapun caranya, yakni melakukan registrasi, mengisi formulir dan mengupload persyaratan, berkas akan dilakukan verifikasi oleh petugas, dan Langkah selanjutnya akan di validasi oleh badan layanan. Hasilnya nanti wajib pajak akan mendapat konfirmasi dari badan layanan. 

Proses layanan secara online akan memudahkan bagi masyarakat ketika harus menunaikan kewajiban baik secara pribadi maupun kelembagaan terkait pembayaran pajak. Masyarakat tidak harus meluangkan waktu tersendiri datang, mengantri dan urusan teknis lainnya di layanan pajak. Peningkatan layanan ini dimaksudkan agar masyarakat lebih efektif memenuhi kewajibannya tanpa repot dan masih dapat melakukan aktivitas lain yang bisa jadi lebih produktif.

Comments are closed.