Pemerintah Kota Surakarta
Buat Kartu Kuning Bisa Lewat Online
  February 28, 2022 13:24

Kartu pencari kerja atau sering disebut kartu kuning kini bisa didapatkan dengan cara mengisi formulir secara online. Kartu kuning atau resminya bernama kartu AK1 biasanya akan menjadi salah satu syarat bagi para pencari kerja ketika melamar pekerjaan. Kartu ini dikeluarkan oleh Dinas Ketenagakerjaan masing-masing tempat tinggal dan dibutuhkan oleh para pencari kerja. Dulu, bila kita ingin mendapatkannya, maka kita harus datang ke Disnaker setempat dengan membawa beberapa persyaratan yang dibutuhkan.

Kini, kita dapat memproses pengajuan kartu kuning secara online. Caranya buka laman https://ayokitakerja.kemnaker.go.id dan pilih menu daftar sebagai siapa, user ID, email, nomor telepon serta kata sandi. Data lain yang dibutuhkan yakni akun, data diri, pekerjaan, ketrampilan hingga pendidikan terakhir. Tak lupa pemohon akan diminta menyertakan foto 3 X 4. Bila semua telah terisi, pilih tombol simpan. Pemohon tinggal mendatangi ke Disnaker Solo untuk cetak dan menggandakannya. Karena bisa untuk melamar di beberapa tempat karena kartu kuning butuh legalisasi alias stempel basah.

Jika kita ingin mengurus langsung ke Disnaker juga bisa dilakukan dengan membawa dokumen yang dibutuhkan seperti fotokopi KTP/SIM, fotokopi akta kelahiran, fotokopi kartu keluarga, serta dua lembar pas foto 3×4 dengan latar belakang merah. Meski dilayani di kantor, pembuatan kartu kuning tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Dan kartu kuning yang dipercaya adalah yang dibuat oleh dinas sesuai alamat KTP tinggal.

Kartu kuning ini semacam data diri bagi pencari kerja yang menjadi pertimbangan para pencari tenaga kerja dalam memperoleh calon karyawannya. Kartu kuning semacam identitas bagi pencari kerja bukan hanya identitas diri, namun termasuk didalamnya keterampilan serta pendidikan terakhir yang ditempuh. Pun bagi Disnaker akan menjadi sumber data mengkalkulasi berapa jumlah pencari kerja setiap periodenya termasuk keterampilan tenaga kerja yang banyak tersedia seperti apa.

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

289

Visitors today

187

Visits total

363,855

Visitors total

285,222

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta