Pemerintah Kota Surakarta
Bayar PBB Solo Bisa Lewat Aplikasi
  February 28, 2022 14:26

Masyarakat Kota Solo kini makin dimanjakan oleh pemerintah daerahnya. Mereka tidak harus repot-repot mendatangi tempat yang sudah ditunjuk, menenteng slip tagihan PBB dan ikut dalam antrian. Masyarakat bisa membayar dengan cara online, yaitu terlebih dahulu menginstal aplikasi Solo Destination. Kita tinggal memilih e-pajak dan paling atas akan muncul pajak bumi dan bangunan. Pilihlah tombol PBB dan masukkan NOP.

Bagi masyarakat yang belum tahu, Nomor Objek Pajak (NOP) dalam surat tagihan PBB berada di kiri atas. Masukkan angka yang tertera disitu. Kemudian pilih pembayaran dengan mobile banking atau sms banking. Pun bila masyarakat tidak mempunyai mobile banking, bisa dilakukan dengan cara pembayaran internet banking seperti di mesin ATM, teller bank, UPTB Kecamatan. Layanan konvensional yakni membayar di loket BPPKAD juga masih tetap tersedia hingga kini.

Kemudahan pembayaran ini tentu bukan hanya dirasakan bagi masyarakat saja, namun juga bagi pemerintah kota Surakarta lebih besar mendapatkan benefitnya. Bukan sekedar berkurangnya antrian, tingkat kepercayaan masyarakat semakin meningkat tetapi juga petugas tidak perlu bolak balik menyetorkan uang ke bank dari pembayaran yang dilakukan masyarakat pada loket pembayaran yang tersedia. Pun masyarakat Ketika membayar melalui m-banking atau internet banking bisa sekalian saat melakukan transaksi lainnya.

Pemerintah Kota Surakarta terus mendorong berbagai inovasi di berbagai sektor agar layanan publik makin ditingkatkan kualitasnya. Layanan online juga sekaligus menangkap berbagai data yang bisa diolah bagi pemerintah daerah dalam mengembangkan layanan. Pun membuka peluang kerjasama dengan sektor perbankan yang ada di Kota Surakarta. Agar masyarakat Solo makin tertib membayar PBB, Pemkot selalu menyediakan undian berhadiah utama mobil dan berbagai hadiah lain agar masyarakat makin tertib membayar kewajibannya.

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

314

Visitors today

202

Visits total

363,880

Visitors total

285,237

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta