Pemerintah Kota Surakarta
Yuk, Ketahui Manfaat Aplikasi PeduliLindungi
  March 8, 2022 14:02

PeduliLindungi adalah aplikasi yang diciptakan untuk membantu pemerintah dalam melakukan pelacakan digital mengenai penyebaran virus Covid-19. Dengan adanya aplikasi ini, penularan Covid-19 lebih terkontrol dan dapat diketahui sejak dini, sehingga dapat menekan laju penyebarannya.

Aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan, yaitu pertama, paspor digital yang menyediakan fitur sertifikat vaksin dan dapat diunduh sebagai bukti telah melakukan vaksinasi. Dalam paspor digital juga memuat informasi mengenai hasil tes Covid-19, berupa PCR maupun antigen dari laboratorium yang terafiliasi dengan pemerintah. Kedua, terdapat pula QR code yang digunakan untuk check in jika mengunjungi fasilitas umum, seperti pusat perbelanjaan, bandara, rumah sakit, stasiun, terminal, dan lain-lain. Dengan begitu, kita dapat mengetahui tingkat keramaian pada suatu tempat. Ketiga, kita dapat mengetahui kawasan warna zona (merah, orange, hijau) yang menunjukkan adanya pasien terkonfirmasi positif Covid-19. Keempat, PeduliLindungi juga berfungsi sebagai pengawasan/pelacakan. Lacak data lokasi ini digunakan untuk keperluan tracing. Dengan adanya informasi tersebut, pemerintah dapat mendeteksi pergerakan orang dengan terkonfirmasi positif Covid-19 dalam waktu 14 hari ke belakang. 

Kelima, adanya fitur e-Hac. Bagi pelaku perjalanan domestik maupun internasional, kini diwajibkan untuk mengisi e-HAC, yaitu kartu kewaspadaan kesehatan elektronik yang ditujukan pada semua pelaku perjalanan domestik atau internasional selama pandemi Covid-19. Keenam, layanan konsultasi medis jarak jauh. Teledokter dapat digunakan sebagai antisipasi masyarakat untuk tidak mengunjungi fasilitas kesehatan, jika tidak dalam kondisi darurat. Selain itu, dengan Aplikasi PeduliLindungi pengguna dapat mendaftar vaksinasi Covid-19. 

Hadirnya aplikasi ini, membuat masyarakat dan pemerintah dapat memperoleh informasi dengan mudah dan cepat terkait Covid-19. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat mengunduh Aplikasi PeduliLindungi dan memanfaatkan berbagai fitur di dalamnya dengan bijak.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

1

Visits total

425,471

Visitors total

330,746

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta