Pemerintah Kota Surakarta
Ketahui Ruang Perawatan Covid-19 dengan Sistem Informasi Rawat Inap (SIRANAP)
  March 23, 2022 13:51

Kementerian Kesehatan menyediakan fasilitas yang dapat digunakan untuk memberikan informasi terkait ketersediaan ruang rawat inap khusus pasien Covid-19. Fasilitas ini bisa diperoleh melalui aplikasi Sistem Informasi Rawat Inap (SIRANAP), yang dapat diunduh di Play Store atau diakses melalui situs resmi Kemenkes.

SIRANAP memuat informasi berkaitan dengan informasi data, ketersediaan tempat tidur isolasi, dan tempat tidur ICU Covid-19 di rumah sakit. Informasi yang disajikan mencakup seluruh Indonesia dan disajikan secara real time dan online. Sehingga dapat  diakses dengan mudah oleh semua masyarakat umum. Kemenkes selalu melakukan update data sebanyak dua kali per harinya, yakni pukul 06.00 WIB dan pukul 18.00 WIB, berdasarkan data yang diberikan dari rumah sakit. Sehingga dapat dipastikan data yang ditampilkan dalam SIRANAP akurat.

Masyarakat dapat mengakses SIRANAP melalui website Direktorat Pelayanan Kesehatan https://yankes.kemkes.go.id/.  Selanjutnya, klik banner Sistem Informasi Rawat Inap (SIRANAP) atau langsung menuju link https://yankes.kemkes.go.id/app/siranap/. Untuk mengetahui informasi ruang perawatan rumah sakit, terlebih dahulu pilih provinsi dan kota yang diinginkan. Anda dapat memilih kategori Covid (untuk penderita Covid-19) atau Non-Covid (untuk pasien umum). 

SIRANAP menyediakan lima menu dalam halaman utama, yaitu  Rumah Sakit Vertikal, yang menampilkan data ketersediaan tempat tidur di RS Vertikal. Selain itu, terdapat Rumah Sakit Daerah, yang menyajikan informasi data ketersediaan tempat tidur pada Rumah Sakit Daerah. Ada juga, Rumah Sakit Lainnya, yang menampilkan data ketersediaan tempat tidur pada RS lain (selain RS Vertikal dan RS Daerah).

Adanya SIRANAP, diharapkan dapat meminimalisir penolakan terhadap pasien baik penderita Covid-19 maupun pasien umum. Dengan begitu, masyarakat tak perlu risau lagi dalam memilih rumah sakit yang dikehendaki. 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

1

Visitors today

1

Visits total

425,504

Visitors total

330,765

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta