Pemerintah Kota Surakarta
PLUT KUMKM dan Sentra IKM, Bedanya Apa?
  March 31, 2022 14:00

Dewasa ini, pengembangan usaha dan industri kecil menengah sedang banyak digalakkan oleh pemerintah kabupaten atau kota di Indonesia demi mewujudkan kemajuan perekonomian masyarakat. 

Berbagai gedung, lembaga, komunitas, atau perkumpulan dibangun dan didirikan, demi memberikan fasilitas, sarana, dan prasarana untuk pelaku usaha dan industri kecil menengah, salah satunya adalah PLUT KUMKM dan Sentra IKM di Kota Solo. 

Pertama-tama perlu dipahami bahwa IKM dan UKM adalah dua hal yang serupa tapi tak sama. UKM memiliki kegiatan-kegiatan yang lebih luas meliputi produksi, manajemen, distribusi hingga pemasaran, sedangkan IKM lebih terfokus pada bidang produksi saja. 

Perbedaan ini bisa kita lihat dari PLUT KUMKM Surakarta, dan Sentra IKM Semanggi Harmoni yang sama-sama berada di Kota Solo. PLUT menyediakan layanan untuk berbagai aspek penyelenggaraan kegiatan usaha meliputi konsultasi bisnis, pembiayaan, pengelolaan SDM, hingga pemasaran, bahkan memberi jasa konsultan apabila ada pelaku usaha yang terlibat masalah. 

Sementara itu, di sisi lain IKM Semanggi Harmoni lebih terfokus hanya penyelenggaraan bimbingan teknis atau workshop berbagai keterampilan, penciptaan desain dan produk baru, serta menjadi showroom produk yang dibuat. Itu dia beberapa perbedaan antara PLUT KUMKM dan Sentra IKM. Meskipun begitu kedua unit ini memiliki tugas yang sama yaitu membantu kemajuan usaha dan industri kecil menengah, serta dan menjadi sentra atau pusat pengembangan bagi UKM dan IKM di Kota Solo.

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

260

Visitors today

206

Visits total

380,856

Visitors total

298,075

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta