Pemerintah Kota Surakarta
Festival Bengawan Solo 2022
  April 1, 2022 08:13

Sungai Bengawan Solo merupakan sungai terpanjang di Pulau Jawa. Sungai ini membentang dari Pegunungan Sewu di sebelah barat-selatan Kota Surakarta hingga bermuara di utara Surabaya. Sungai ini menjadi sejarah peradaban manusia. Sejak zaman Kerajaan Majapahit, sungai ini digunakan sebagai jalur transportasi dan perdagangan. Kini, Bengawan Solo dimanfaatkan untuk irigasi ladang warga sekitarnya. 

Mengingat, pentingnya sungai ini, kemudian Pemerintah Kota Surakarta mengadakan Festival Bengawan Solo. Acara ini dilakukan di Dermaga Taman Sunan Jogo Kali, Pucangsawit, Jebres dan telah dilangsungkan pembukaan pada Selasa, 19 Maret 2022 oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, bersama Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka, dan Direktur Utama Bank Jateng, Supriyanto. Tujuannya, agar timbul kepedulian diantara masyarakat untuk selalu menjaga dan melestarikan Bengawan Solo, supaya bersih dari sampah. Selain itu, acara ini juga untuk menarik minat wisatawan agar berkunjung ke Kota Solo.

Dalam rangka menggalakkan potensi wisata Kota Solo, khususnya Sungai Bengawan Solo. Akan diadakan pula Ramadan Fest di Taman Sunan Jogo Kali, yang letaknya di pinggir Sungai Bengawan Solo. Agenda ini rencananya akan terselenggara pada awal ramadan yakni pada tanggal 3 sampai 17 April 2022. Pengunjung dapat menghabiskan waktu bersama keluarga maupun orang terkasih dengan disuguhkan pemandangan Sungai Bengawan Solo yang adem nan sejuk. Selain itu, Taman Sunan Jogo Kali ini juga memiliki beberapa spot foto yang menarik untuk disinggahi. 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,530

Visitors total

330,780

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta