Pemerintah Kota Surakarta
Cara Mudah Urus Kartu Kuning Disnaker, Sekarang Bisa Online
  April 1, 2022 08:28

Kartu kuning tidak hanya ada di dunia olahraga saja, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) di setiap daerah juga mengeluarkan kartu tanda pengenal untuk para pencari kerja yang disebut kartu AK1 atau kartu kuning. 

Kartu kuning yang dikeluarkan dengan tujuan mempermudah pendataan pencari kerja ini, merupakan salah satu dokumen penting yang seharusnya dimiliki oleh para pencari kerja. Karena kartu kuning adalah sumber data bagi Disnaker untuk membantu menyalurkan tenaga kerja, tidak hanya untuk pendaftaran CPNS, tapi juga untuk perusahaan swasta. 

Kartu kuning yang dikeluarkan oleh Disnaker di masing-masing kabupaten atau kota ini dulunya hanya bisa diurus datang langsung ke Disnaker setempat dengan membawa beberapa persyaratan yang dibutuhkan, atau dengan kata lain harus diurus secara offline

Seiring berkembangnya teknologi, sekarang kartu kuning bisa diurus dengan lebih mudah melalui pendaftaran online melalui kota manapun, tidak terkecuali di Kota Surakarta.Caranya buka laman https://ayokitakerja.kemnaker.go.id dan pilih menu daftar sebagai siapa, user ID, email, nomor telepon serta kata sandi. Data lain yang dibutuhkan yakni akun, data diri, pekerjaan, ketrampilan hingga pendidikan terakhir. Tak lupa pemohon akan diminta menyertakan foto 3 X 4. Bila semua telah terisi, pilih tombol simpan. Pemohon tinggal mendatangi ke Disnaker Solo untuk cetak dan menggandakannya. Karena bisa untuk melamar di beberapa tempat karena kartu kuning butuh legalisasi alias stempel basah.

Jika telah menyelesaikan seluruh prosedur pendaftaran kartu kuning secara online, maka database akan tersimpan di Disnaker. 

Pengurusan secara langsung juga tetap bisa dilakukan ke kantor Disnaker Surakarta dengan membawa dokumen persyaratan, meliputi KTP/SIM, akta kelahiran, KK, serta pas foto 3×4 berlatar belakang merah. 

Apabila seluruh prosedur pengurusan baik yang dilakukan secara online maupun offline sudah selesai, kartu kuning versi cetaknya bisa diambil ke kantor Dinas Tenaga Kerja Surakarta, tepatnya di Jalan Slamet Riyadi No. 306, Sriwedari, Laweyan. 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

3

Visitors today

3

Visits total

425,855

Visitors total

330,979

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta