Pemerintah Kota Surakarta
Peran PLUT KUMKM untuk Pengembangan Koperasi dan UKM di Kota Solo
  April 6, 2022 12:45

Pusat Layanan Umum Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah atau PLUT KUMKM adalah unit pelaksana teknis yang dibuat untuk meningkatkan kinerja produksi, dan daya saing perekonomian masyarakat melalui Koperasi dan UKM. 

PLUT KUMKM umumnya tersedia di setiap kabupaten atau kota sebagai gerbang pemberdayaan koperasi dan UMKM di kota yang bersangkutan, tidak terkecuali kota budaya Solo. PLUT KUMKM Surakarta terletak di kawasan Solo Techno Park (STP), dan telah didirikan sejak tahun 2015. 

Unit Pelaksana Teknis dalam bidang pengembangan koperasi dan UMKM Solo ini memiliki tujuh layanan utama yang diberikan pada pelaku-pelaku usaha kecil menengah, yaitu konsultasi bisnis, pendampingan, pemberian fasilitas akses pembiayaan, pemasaran dan promosi, pelatihan bisnis, networking, serta layanan pustaka entrepreneur. 

Selain itu, PLUT Surakarta juga sudah memiliki lima konsultan yang bisa membantu mencari solusi untuk pada pelaku usaha yang mengalami masalah. Lima konsultan tersebut adalah konsultan bidang produksi, SDM, pemasaran, pembiayaan, dan kelembagaan. 

Karena itulah peran PLUT tidak hanya meningkatkan kinerja dan pengembangan produksi, namun juga harus berperan aktif dalam upaya pengembangan SDM untuk menunjang keberjalanan koperasi dan UKM di kota Solo. 

Sesuai dengan tujuan pendiriannya, PLUT KUMKM Surakarta juga harus menjadi pusat, sentra, dan tiang tertinggi dalam pengembangan KUMKM di kota Solo, serta menjadi rumah bagi pelaku-pelaku UKM yang bisa memberikan pendampingan, dan pemberdayaan secara komprehensif. 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,596

Visitors total

330,820

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta