Pemerintah Kota Surakarta
Aplikasi iSolo, Akses untuk Perpustakaan Digital Gratis
  April 14, 2022 13:45

Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Surakarta meluncurkan aplikasi berbasis internet yang diberi nama iSolo. Aplikasi ini berupa pelayanan perpustakaan dan digunakan untuk mengakses berbagai koleksi buku yang telah diunggah dalam arsip digital. Telah lolos uji verifikasi, aplikasi ini dapat dimanfaatkan seluruh kalangan masyarakat, bukan hanya warga Solo saja. Peluncuran aplikasi tersebut menjadi bagian dari kegiatan Gelar Pustaka dan Arsip Kota Surakarta pada tahun 2018. Aplikasi iSolo merupakan perpustakaan digital yang dapat diakses secara online.

Penciptaan Aplikasi iSolo bertujuan agar menumbuhkan warga Solo yang gemar membaca. Apalagi, mengingat situasi pandemi yang saat ini masih berlangsung, menuntut perpustakaan Kota Surakarta untuk memberlakukan buka-tutup, sehingga, warga Solo tidak leluasa untuk berkunjung ke perpustakaan. Adanya aplikasi tersebut, mempermudah masyarakat dalam menikmati koleksi buku elektronik dimanapun dan kapanpun melalui ponsel Android.

Penggunaannya pun cukup mudah, pengguna hanya perlu mengunduh melalui Play Store dan melakukan instalasi dalam perangkat Android. Setelah itu, pengguna akan diarahkan untuk melakukan registrasi atau pendaftaran dengan mengisi foto diri dan foto tanda pengenal seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), maupun kartu pelajar bagi yang masih berstatus siswa. Kemudian, data yang dikirim akan dilakukan proses aktivasi melalui email yang masih aktif.

Adapun fitur yang dapat digunakan dalam Aplikasi iSolo, diantaranya pencarian kalimat. Semua kata yang tertulis dalam buku sudah terindeks, sehingga memudahkan dalam pencarian kalimat. Lalu ada fitur, catatan dan stabilo yang berguna untuk memberikan penanda pada bagian buku. Kemudian, fitur daftar pustaka, yang terdiri dari enam style dan dapat dikutip. Ada juga, info buku, yang menyajikan informasi lengkap buku terkait judul, penulis, penerbit, dan halaman buku. Selain itu, terdapat pula fitur kutip dan bagikan, untuk membagikan kutipan bagian buku ke media sosial. Tak hanya itu, Aplikasi iSolo juga dilengkapi dengan fitur text-to-speech yang berfungsi dalam membacakan teks pilihan dengan output suara, seperti layaknya asisten baca pribadi.

Hingga saat ini koleksi buku elektronik yang dimiliki sebanyak 1.700-an buku, dan diperkirakan masih akan bertambah pada tahun 2022 dengan pengadaan buku-buku elektronik yang baru. Digitalisasi tersebut akan terus berlangsung dan bekerja sama dengan PT. Enam Kubuku Indonesia. Selain itu, Perpustakaan Umum Kota Surakarta sudah menjadi bagian dari Indonesia One Search yang dibuat oleh Perpustakaan Nasional. Dengan demikian, Online Public Access Catalogue Perpustakaan Kota Surakarta dapat diakses dari seluruh wilayah Indonesia.

Diharapkan dengan hadirnya Aplikasi iSolo dapat memudahkan warga Solo dalam memperoleh informasi. Apabila ketertarikan dalam membaca sudah dicapai, maka akan mendapatkan pengetahuan yang lebih luas, sehingga menciptakan masyarakat yang melek akan teknologi dan informasi. 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

77

Visitors today

71

Visits total

505,332

Visitors total

401,081

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta