Pemerintah Kota Surakarta
Simpel Pol: Tes Kesehatan Makin Simpel Saat Urus Perpanjangan SIM
  April 15, 2022 14:59

Salah satu syarat perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) yaitu melakukan tes kesehatan. Di Kota Solo, sebagai kota yang kini tengah mengoptimalkan sebagai smart city, salah satu syarat tes kesehatan saat perpanjangan SIM yaitu melakukan tes kesehatan melalui aplikasi Simpel Pol (Sistem Pelayanan Elektronik dan Pelaporan Online)

Simpel Pol merupakan aplikasi buatan PT Cipta Sari Arsonia (CSA) bekerja sama dengan dokter pemeriksa kesehatan SIM di Jawa Tengah ini untuk tes kesehatan yang dipersyaratkan dalam memperpanjang atau mengurus pengajuan SIM baru. Aplikasi ini sementara baru dapat digunakan di Jawa Tengah, termasuk di dalamnya Kota Solo. Penggunaan aplikasi ini juga tergolong mudah karena pengguna hanya perlu mengunduh, menginstall kemudian mengisi data diri sesuai dengan instruksi. Setelah mengisi data secara lengkap, pengguna akan mendapatkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui nomor whatsapp. Setelah itu pengguna akan diminta untuk mengerjakan tes pendengaran dan penglihatan masing-masing 5 soal. Hasilnya akan muncul setelah semua tes selesai dikerjakan. Setelah itu, pengguna akan diberikan pilihan lokasi dan tanggal pembayaran. Selesai memilih, aplikasi akan menampilkan tarif sebesar Rp60.000 dan barcode yang nantinya akan discan oleh petugas.

Adanya aplikasi ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi Polda Jawa Tengah dalam melaksanakan fungsi pengawasan kepada para dokter yang bertindak atas nama Polri. Selain itu adanya aplikasi ini juga merupakan salah satu bentuk komitmen para Dokter pemeriksa kesehatan SIM di Jawa Tengah dalam rangka memberikan kemudahan bagi masyarakat sekaligus menjaga akuntabilitas kinerja kepada Polri dalam hal pelayanan pemeriksaan kesehatan sebagai salah satu syarat yang perlu dipenuhi saat membuat atau perpanjangan SIM. Dengan Simpel Pol, tes kesehatan jadi makin simpel karena bisa dilakukan di manapun dan kapanpun! Download dan install aplikasinya sekarang juga ya!

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,860

Visitors total

330,982

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta