Pemerintah Kota Surakarta
Hati-hati! Kecanduan Game Bisa Sebabkan Gaming Disorder
  April 17, 2022 10:18

Saat ini bermain game adalah salah satu hobi yang agaknya berubah menjadi gaya hidup bagi sebagian besar masyarakat. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa saat ini mulai menyukai game. Bahkan game yang identik dengan laki-laki pun saat ini juga mulai dilirik oleh kaum hawa. Bahkan banyak juga perempuan yang saat ini justru menjadi atlet e-sport. Tapi ternyata dibalik kesenangan yang tersemat pada game, ada juga bahaya yang turut mengintai. Kecanduan game dalam level yang tinggi, bisa sebabkan gangguan atau yang disebut dengan gaming disorder. Tapi apa itu?

Gaming disorder adalah suatu kondisi di mana seseorang mengalami gangguan yang menyebabkan dirinya tidka bisa memprioritaskan hal penting lainnya. Seseorang akan cenderung lupa akan eksistensinya dalam menjalani kehidupan sehari-hari dan hanya berfokus pada game yang ia mainkan saja. Tanda dan gejala yang mudah diketahui yaitu kesulitan untuk mengendalikan diri untuk berhenti bermain, durasi bermain game semakin meningkat dari hari ke hari, mudah tersinggung dan marah apabila ada yang melarangnya untuk bermain game, tidak fokus saat menjalankan kegiatan lainnya, dan tetap bermain meski telah merasakan bahwa dirinya mengalami gangguan prioritas.
Jika hal tersebut semakin dibiarkan maka bukan tidak mungkin akan mengganggu kualitas hidup seseorang mulai dari penurunan kemampuan otak dalam berperilaku dan berpikir serta terganggunya hubungan sosial abik di lingkungan keluarga, pertemanan, sekolah, maupun pekerjaan. Awalnya hanya mencari kesenangan namun justru berujung petaka apabila terus dibiarkan. Maka sebelum hal ini menjadi sebauh ketergantungan dan mengganggu kehidupan seseorang, bagi Anda penyuka game mulailah untuk mengendalikan diri dengan melakukan beberapa pencegahan. Pertama, amati dan cermati berapa durasi yang sudah Anda habiskan saat bermain game. Kurangi apabila sudah terlalu lama. Kedua, fokus pada prioritas apa yang perlu Anda kerjakan dan selesaikan. Buat daftar prioritas jika perlu agar Anda lebih tahu mana yang harus didahulukan dan mana yang harus dinomor sekiankan, termasuk bermain game. Ketiga, beri batasan waktu saat bermain game dan jika perlu pasang alarm agar Anda tidak terhanyut pada asyiknya saat level permainanmu terus bertambah.Terakhir, saat Anda berhasil mengurangi bermain game, beri hadiah pada diri sendiri sebagai self reward agar Anda lebih bersemangat dalam mengurangi kecanduan bermain game yang justru merugikan prioritas Anda dalam kehidupan sehari-hari.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2,258

Visitors today

1,955

Visits total

528,775

Visitors total

421,614

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta