Pemerintah Kota Surakarta
Yuk, Simak Cara Daftar Mudik Gratis Lebaran 2022
  April 19, 2022 13:54

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali mengadakan mudik gratis pada lebaran tahun ini. Agenda tersebut diperkirakan akan menimbulkan antusias masyarakat banyak, sebab sudah tiga tahun lamanya tidak diperbolehkan untuk melakukan mudik. Mengatasi lonjakan pemudik di jalan tol, Dinas Perhubungan Jawa Tengah menyiapkan skenario jelang mudik lebaran 2022. Dalam arus mudik akan diberlakukan sistem one way atau satu arah di jalan tol dari arah barat. Aturan ini berlaku tanggal 28 April hingga 1 Mei 2022. Sementara, pada arus balik akan diberlakukan one way dari arah timur yang berlaku tanggal 6 sampai 9 Mei 2022. 

Jika ingin mengikuti program mudik gratis tersebut. Terdapat beberapa ketentuan yang harus ditepati. Diantaranya peserta wajib mempunyai dokumen sah kependudukan (KTP, KK); peserta yang sudah divaksin Covid-19 lengkap (vaksin 1, vaksin 2, dan booster) tanpa perlu membawa bukti hasil tes swab antigen; peserta yang baru vaksin 1 wajib membawa hasil swab PCR yang berlaku 3×24 jam pada saat keberangkatan; peserta yang sudah vaksin 2 wajib membawa hasil swab antigen yang berlaku 1×24 jam pada saat tanggal keberangkatan.

Adapun seluruh peserta mudik gratis wajib mengunduh aplikasi PeduliLindungi. Namun, jika peserta tidak mempunyai smartphone, diwajibkan untuk membawa bukti fisik kartu vaksin dan booster. Selain itu, peserta juga diperbolehkan membawa dua sampai tiga orang penumpang tambahan. Bagi peserta yang membawa anak wajib menyertakan dokumen KK. Saat registrasi di tempat pemberangkatan peserta wajib menunjukan sertifikat vaksin. Dianjurkan peserta datang satu jam sebelum waktu yang ditentukan.

Mudik gratis lebaran 2022, dibuka dengan pendaftaran secara online pada laman https://mudikgratishubdat.dephub.go.id/. Selanjutnya, peserta dapat memilih “Daftar Mudik” pada halaman utama. Maka akan muncul syarat dan ketentuan, apabila Anda setuju klik “Lanjut Daftar,” dan Anda akan diarahkan pada halaman “Data Peserta”. Kemudian, lengkapi data peserta, meliputi Nama, NIK, Nomor HP, dan pertanyaan yang tersedia. Klik “Kirim Data Peserta” untuk menuju halaman “Pilih Jadwal.” Pada halaman tersebut Anda dapat memilih lokasi keberangkatan, kota tujuan mudik, dan tipe mudik. Cek dan teliti kembali pilihan Anda, jika sudah sesuai klik “Kirim” untuk menuju halaman “Simpan QR code.” Setelah itu, hasil pendaftaran berupa QR code akan ditampilkan. Simpan QR code pada perangkat Anda, dan cetak untuk dibawa pada saat registrasi data dan pengambilan tiket sebelum keberangkatan. 

Diharapkan dengan adanya program ini, masyarakat dapat merasakan mudik gratis lebaran 2022 di kampung halaman mereka masing-masing. Dengan begitu, mereka dapat mengobati kerinduan bertemu dengan sanak keluarga di kampung. Meskipun, pelonggaran aktivitas telah diperbolehkan oleh pemerintah, masyarakat dihimbau untuk tidak abai akan kesehatan dengan selalu menerapkan protokol kesehatan ketat. 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

21

Visitors today

17

Visits total

425,596

Visitors total

330,820

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta