Pemerintah Kota Surakarta
Semakin Mudah dengan PLN Mobile
  April 22, 2022 09:47

PLN Mobile merupakan aplikasi layanan pelanggan PLN yang memudahkan pembelian token, monitor penggunaan listrik pascabayar, pasang listrik baru, tambah daya, berlangganan internet PLN Iconnect hingga melaporkan segala gangguan terkait listrik.

Aplikasi ini sebenarnya telah ada sejak 2016 lalu. Namun seiring waktu, PLN Mobile terus mengalami pengembangan demi memberikan pelayanan maksimal kepada para pelanggan. 

Beberapa kemudahan yang dapat dinikmati oleh pengguna Aplikasi PLN Mobile antara lain, dalam pembayaran tagihan listrik prabayar dan pascabayar dengan berbagai cara pembayaran yang dapat dipilih oleh pelanggan seperti virtual account, debit online, kredit via Doku dan berbagai E-Wallet seperti LinkAja, OVO, Gopay. Selain itu untuk mengajukan tambah daya tegangan listrik. Segala proses administrasi dapat dilakukan via aplikasi, pelanggan tidak perlu repot ke kantor PLN. Mencatat angka meter mandiri agar tagihan sesuai dengan kondisi. Tak hanya itu tak hanya itu kemudahan-kemudahan lain juga ditawarkan yakni, kemudahan pengaduan gangguan dan keluhan terkait listrik yang aktif selama 24 jam, kemudahan memonitor pemakaian listrik pascabayar, kemudahan memonitor pembelian token.

Notifikasi tagihan juga diinformasikan, gunanya untuk mengingatkan pelanggan untuk membayar sebelum jatuh tempo. Informasi lain yaitu progress penyelesaian gangguan, notifikasi apabila akan diadakan pemadaman terencana. Notifikasi ini baru dapat diakses di Pulau Jawa, Madura dan Bali. 

Agar dapat menikmati layanan ini, pelanggan harus memiliki aplikasi PLN Mobile terlebih dahulu. Untuk lebih lengkapnya, berikut cara daftar PLN Mobile:

  1. Unduh aplikasi PLN Mobile melalui Google Play Store atau App Store
  2. Instal dan buka aplikasi PLN Mobile
  3. Klik opsi “Daftar Sekarang”
  4. Isi nama lengkap
  5. Masukkan alamat email dan nomor ponsel aktif 
  6. Di kolom selanjutnya masukkan password dan konfirmasi ulang passwordnya
  7. Kemudian klik “Daftar”
  8. Setelah itu masukkan lokasi tempat tinggal dan masukkan IDPEL (ID Pelanggan) atau 11-12 digit nomor yang biasa tercantum di perangkat meteran listrik.

Mudah bukan? Yuk download aplikasi PLN Mobile di handphone kamu sekarang juga.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,575

Visitors total

330,803

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta