Hati-hati Bahaya Microsleep Saat Mengendarai Kendaraan!
April 27, 2022 10:27
Yuk! Main Teman Bagas, Game Seru untuk Tanamkan Kesadaran Berkendara bagi Anak-Anak Solo
April 27, 2022 13:45

Mudik Via Tol Solo-Ngawi, Ini Tarif Terbarunya

Mudik menggunakan mobil pribadi semakin diminati terlebih setelah adanya fasilitas jalan tol yang semakin memadai. PT Jasa Marga Solo Ngawi (JSN) memperkirakan ada sekitar 780 ribu kendaraan yang akan melintasi tol Solo-Ngawi selama mudik dan balik Lebaran 2022. 

Sejak 19 Agustus 2021, terdapat empat ruas Tol Trans Jawa yang mengalami kenaikan tarif. Salah satunya Jalan Tol Solo-Ngawi yang dikelola PT Jasa Marga Solo Ngawi (JSN). Jalan tol sepanjang 90 kilometer yang menghubungkan Kota Surakarta, Jawa Tengah  dengan Kabupaten Ngawi, Jawa Timur ini melewati wilayah Kabupaten Boyolali, Karanganyar, Sragen, dan Ngawi.

Tarif terendah Rp 1000,00 (seribu rupiah) dikenakan kepada pengguna dari Kartasura sampai Colomadu untuk kendaraan golongan I, yakni sedan, mobil jeep, pick up, truk kecil dan bus. Sedangkan dari Kartasura sampai Klitik dikenakan Rp 104.500,00 (seratus empat ribu lima ratus rupiah) sebagai tarif tertinggi untuk kendaraan golongan I. 

Bagi para calon pemudik yang akan menggunakan Jalan Tol Solo-Ngawi dapat mengecek tarifnya lebih lengkap di website bpjt.pu.go.id/cek-tarif-tol. Pilih titik gerbang masuk dan keluar serta jenis golongan kendaraan. Secara otomatis tarif yang ditentukan akan tertera. 

Untuk dapat mudik pada Lebaran 2022 ini, ada syarat perjalanan yang harus dipenuhi oleh pada pemudik yang berlaku sejak diterbitkannya Surat Edaran (SE) Nomor 16 tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri pada Masa Pandemi Coronavirus Disease 19 (COVID-19) pada April tahun ini. 

Selain itu, masyarakat yang belum mendapatkan vaksin Covid-19 booster wajib membawa hasil tes PCR atau antigen. Sedangkan bagi yang sudah mendapat vaksin Covid-19 booster, tidak perlu membawa hasil tes Covid-19 tersebut. 

Agar mudik menggunakan mobil menjadi aman dan nyaman, terdapat beberap tips yang bisa diterapkan. Pertama, pastikan kondisi fisik kendaraan dalam keadaan prima dan layak dipakai untuk perjalanan jarak jauh. 

Kedua, bagi pemudik yang menggunakan jalan tol pastikan saldo yang tersimpan pada uang elektronik serta uang tunai mencukupi. Selain itu, persiapkan bekal makanan, minuman serta obat-obatan sedari rumah. 

Ketiga, pemudik yang menggunakan jalan tol tetap memperhatikan batas kecepatan kendaraan dan patuhi aturan lalu lintas. Jangan lupa untuk istirahat jika merasa lelah atau ngantuk. Pastikan juga kecukupan BBM dan selalu update informasi seputar lalu lintas agar dapat menghindari kemacetan. 

Ingat, ada keluarga yang menunggu di rumah. Maka, tetap patuhi aturan berkendara ya, agar mudik tetap aman dan nyaman.

Comments are closed.