Tanamkan Literasi Melalui Bemo Pustaka
May 12, 2022 13:24
Daftar Rencana Kegiatan Sumber Daya Air Tahun Anggaran 2022
May 12, 2022 14:15

Rencana Kegiatan Penataan Ruang, Penataan Bangunan, dan Lingkungan Tahun Anggaran 2022 Kota Surakarta

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Surakarta melalui Bidang Penataan Ruang, Penataan Bangunan dan Lingkungannya bertugas menyelenggarakan kebijakan daerah terkait penataan ruang dan penataan bangunan dan lingkungannya. Adapun pada tahun 2022 ini, telah disusun daftar Rencana Paket, meliputi pertama, Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Kota Surakarta dan kedua, Penataan Koridor Jalan Juanda Tahap III. 

RDTR adalah rencana secara terperinci tentang tata ruang wilayah kota yang dilengkapi dengan peraturan zonasi kota. Penyusunan RDTR mengacu pada Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 4 Tahun 2021 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Surakarta. Hal ini bertujuan untuk menyelenggarakan Penataan Ruang yang transparan, efektif, dan partisipatif. Agar dapat dijadikan pedoman yang akurat untuk penyusunan rencana rinci Penataan Ruang di kemudian hari. Dengan begitu, mampu menjadi arah perencanaan pembangunan dalam memenuhi kebutuhan ruang masyarakat yang aman, nyaman, produktif, berkelanjutan termasuk memenuhi kebutuhan pencegahan dan penanggulangan bencana di daerah.

Sementara, Penataan Koridor Jalan Juanda akan diagendakan mencapai tahap ketiga. Pembangunan proyek ini dilakukan secara bertahap. Sebelumnya, telah dilakukan pengaspalan jalan di tahap kedua dan penataan saluran, pedestrian, penerangan jalan, bangku, serta taman yang juga sudah dilakukan di tahap pertama. Tak hanya itu saja, untuk memberikan fasilitas yang lengkap bagi seluruh warga, DPUPR juga akan menyediakan jalur khusus penyandang disabilitas di sekitar lokasi Koridor Juanda. 

Koridor Jalan Juanda atau disebut juga Koridor Pucang Sawit membentang dari Gereja Bethel Indonesia (GBI) Pucang Sawit hingga Kampung Jonasan, kurang lebih 1,3 km. Wilayah ini masuk daerah pinggiran yang cukup jauh dengan pusat kota. Revitalisasi yang dilakukan di Koridor Juanda, diharapkan mampu menjadikan lokasi ini sebagai salah satu ikon menarik Kota Surakarta yang lebih tertata dan bersih. Selain itu, dapat digunakan masyarakat sekitar maupun wisatawan untuk sekadar bersantai dan menikmati suasana kota. 

Dengan adanya perencanaan dan penataan wilayah Kota Surakarta, akan membuat kota ini semakin maju dan berkembang. Maka, seiring pembangunan dan perkembangan yang terus dilakukan oleh pemerintah daerah, dapat menjadikan Kota Surakarta sebagai tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Comments are closed.