Pemerintah Kota Surakarta
Ratusan Peserta Ikuti Pembukaan Pelatihan Dasar CPNS 2022 Kota Surakarta
  May 10, 2022 10:50

Pemerintah Kota Surakarta bekerja sama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah, menggelar upacara pembukaan Pelatihan Dasar (latsar) CPNS formasi tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 10 Mei 2022, bertempat di Pendhapi Gede Sala Kompleks Balaikota Surakarta, yang dimulai pada pukul 07.00 WIB. 

Adapun kegiatan upacara pembukaan latsar ini, diikuti sebanyak 120 CPNS yang berasal dari berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Surakarta. Diantaranya Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, dan masih banyak lainnya. Acara ini dihadiri oleh Wakil Walikota Surakarta, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Kepala BPSDMD Provinsi Jawa Tengah, dan beberapa perwakilan dari OPD terkait. 

Tujuan diadakannya latsar ini adalah untuk mengembangkan kompetensi dan membentuk karakter Calon Pegawai Negeri Sipil yang profesional sesuai bidangnya tugasnya yang dilakukan secara terintegrasi.

Pelaksanaan Pelatihan Dasar CPNS dilakukan secara blended learning selama 647 jam pelajaran atau setara 74 hari untuk setiap angkatan. Tahapan terdiri dari, pertama, pembelajaran pelatihan mandiri yang bertempat di kedudukan peserta atau OPD masing. Kedua, e-learning atau pelatihan dasar CPNS pelaksanaan di OPD masing-masing. Ketiga, pelaksanaan aktualisasi bertempat di instansi pemerintah asal peserta pelatihan. Keempat,  pembelajaran klasikal di Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS). Pelatihan Dasar CPNS ini dimulai pada tanggal 10 Mei hingga 1 November 2022.

Sebagai tanda dimulainya Upacara Pembukaan Pelatihan Dasar CPNS, seluruh hadirin menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan Hymne Pamong Praja. Kemudian, pembacaan doa dan disusul dengan laporan penyelenggaraan oleh Kepala BKPSDM Kota Surakarta. Wakil Walikota Surakarta, juga hadir dalam upacara pembukaan latsar CPNS tersebut untuk memberikan sambutan dan melakukan penyematan tanda peserta pada perwakilan CPNS. Selanjutnya, Kepala BPSDMD Provinsi Jawa Tengah memberikan sambutan terkait latsar yang akan dilakukan. Acara ini ditutup dengan menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa yang diikuti oleh seluruh peserta latsar CPNS. 

Dengan adanya Pelatihan Dasar kepada CPNS ini, diharapkan dapat membentuk karakter dan kepribadian yang unggul pada peserta. Sehingga, tercipta Pegawai Negeri Sipil yang profesional dalam bidangnya. 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,984

Visitors total

331,050

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta