Pemerintah Kota Surakarta
Hari Kebangkitan Nasional: Geliat Kebangkitan Ekonomi Kota Solo
  May 22, 2022 14:55

Bulan mei diperingati sebagai bulan kebangkitan. Mengapa demikian? Karena pada setiap tanggal 20 Mei di Indonesia diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Perayaan Hari Kebangkitan Nasional jatuh pada tanggal 20 Mei yang sekaligus bertepatan dengan lahirnya organisasi Budi Utomo. Budi Utomo merupakan organisasi penggerak yang bersifat nasional dan modern serta memiliki andil dalam kemerdekaan Indonesia. 

Demikian juga dengan Kota Solo. Dengan adanya kebijakan dari Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka yang telah memberikan ijin untuk membuka beberapa sektor ekonomi yang ada di Kota Solo. Hal tersebut menjadikan bulan Mei sebagai titik awal kebangkitan ekonomi Kota Solo pasca pandemi Covid19 selama dua tahun terakhir. 

Walikota Solo juga telah membuat gebrakan-gebrakan yang ikut menggerakkan roda perekonomian Kota Solo. Dengan dibukanya kembali Night Market Ngarsopuro yang merupakan langkah awal dalam rangka pemulihan ekonomi Kota Solo. Selain itu Pemerintah Kota Solo juga telah membuka kembali Solo Car Free Day (CFD) setelah vakum selama dua tahun terakhir. 

Tidak hanya itu, event-event pun juga mulai diselenggarakan kembali. Event-event tersebut diantaranya pameran UMKM, Opera Kolosal Bakdan Neng Sala, Bakdan Ing Balekambang, Solo Menari yang belum lama ini diselenggarakan, hingga Festival Payung yang rencananya akan diselenggarakan pada 2-4 September mendatang. 

Kota Solo juga ditunjuk untuk menjadi tuan rumah dalam acara G20 pada gelaran Trade, Investment, and Industry Working Group pada bulan Maret dan Juni tahun 2022. Pada bulan Juli mendatang, Kota Solo juga ditunjuk sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan ASEAN Para Games 2022. Dan pada bulan Agustus, Kota Solo juga ditunjuk sebagai tuan rumah dalam acara International Wellness Tourism Conference and Festival (IWTFC) tahun 2022. 

Langkah demi langkah terus dilakukan Kota Solo untuk terus menggenjot perekonomian dari berbagai sektor agar segera pulih dan lebih maju lagi kedepannya. Berbagai gelaran hingga event internasional yang diselenggarakan, diharapkan bisa menjadi pintu bagi Kota Solo untuk terus berkembang dan menjadi yang terdepan. Selaras dengan Kota Solo, sesarengan gumregah sesarengan jumangkah, mari kita bersama-sama mendukung program pemerintah dalam membangun Kota Solo untuk lebih baik lagi. 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

13

Visitors today

10

Visits total

427,335

Visitors total

331,904

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta