Pemerintah Kota Surakarta
Kemudahan Urus Administrasi Kependudukan di Solo dengan Lantatur
  May 25, 2022 13:05

Layanan Tanpa Turun atau yang disingkat sebagai Lantatur adalah konsep layanan bisnis bawa pulang alias take away, yang memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk membeli suatu produk tanpa perlu meninggalkan kendaraannya. Dalam dunia makanan cepat saji, Lantatur ini juga sering dikenal dengan sebutan “drive thru”. 

Konsep bisnis atau makanan cepat saji yang memberikan kemudahan bagi pelanggan ini kemudian diadopsi oleh Pemerintah Kota Solo, dalam mengembangkan inovasi Layanan Tanpa Turun dalam pengurusan dokumen administrasi kependudukan di Kota Solo. Akhirnya setelah berbagai evaluasi dan pengembangan, bertepatan dengan HUT Kota Solo yang ke-277 pada tanggal 17 Februari 2022, Kota Solo dengan resmi meluncurkan Lantatur, untuk pengurusan dokumen KTP dan KIA. 

Dari program Lantatur ini, Dinas Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disadmindukcapil) akan menyediakan mobil keliling, yang beroperasi di kecamatan-kecamatan setiap hari minggu mulai pukul 08:00-10:00 WIB.  Dengan Lantatur, masyarakat bisa mencetak KTP maupun KIA hanya dalam waktu tiga menit saja sejak berkas-berkas permohonan diterima oleh petugas. 

Selain mempercepat pengurusan administrasi untuk masyarakat kota Solo, Lantatur juga dikembangkan untuk mengurangi antrian di kantor dinas kependudukan, juga mempermudah masyarakat yang perlu mengurus dokumen administrasi agar tidak harus meninggalkan sekolah atau pekerjaan, karena beroperasi di hari Minggu. 

Untuk mengurus KTP atau KIA dengan Lantatur, masyarakat Solo dapat menggunakan aplikasi Dukcapil, yang sekarang sudah memiliki fitur atau menu Lantatur. Pemohon dapat memilih layanan Lantatur, mengunggah persyaratan, dan setelah semua kelengkapan berkas sudah dipenuhi, petugas akan memverifikasi dan memberikan notifikasi bahwa berkas bisa dicetak. 

Disadmindukcapil Solo juga telah membuat video layanan dan panduan yang dipublikasikan melalui media sosial Dispendukcapil Solo. Dengan video tersebut, diharapkan masyarakat tidak lagi memiliki kendala dalam mengurus dokumen administrasi kependudukan melalui Lantatur

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

1

Visitors today

1

Visits total

425,466

Visitors total

330,742

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta