Pemerintah Kota Surakarta
Mengenal Angkringan Versi Wong Solo, Ini Daftar HIK Ngehits di Kota Surakarta
  May 28, 2022 14:06

Angkringan adalah sebutan untuk tempat berjualan yang menggunakan alat berbentuk melengkung ke atas, atau menggunakan gerobak dorong yang banyak dijumpai di wilayah Yogyakarta, dan Jawa Tengah termasuk Solo. Akan tetapi warga kota batik justru tidak familiar dengan sebutan angkringan, karena di Solo tempat semacam ini lebih sering disebut dengan hik

Banyak orang meyakini asal muasal tempat berjualan ini justru berasal dari Solo yaitu pada tahun 1940, dan menyebar ke Yogya pada tahun 1950-an. Sebutan hik sendiri diawali karena dulunya penjual angkringan di Solo berjualan dengan berteriak “Hik…yeek”, dan ketika penyebutan hik masih banyak digunakan di Solo, di Yogyakarta masyarakat mulai menyebutnya sebagai Angkringan, hingga akhirnya pada tahun 1990 Angkringan atau hik ini semakin menyebar dan digemari oleh banyak orang. 

Angkringan atau hik sudah banyak digemari sebagai tempat pada tahun 1990, jauh sebelum menjamurnya kafe dan restoran kekinian. Hal ini disebabkan karena makanannya yang relatif sangat murah namun enak dan beragam jenisnya, serta tidak dapat dipisahkan dari budaya angkring yang dipercaya dapat menciptakan kerekatan sosial antar masyarakat. 

Pada perkembangannya, angkringan dan hik tidak memiliki banyak perbedaan signifikan, kecuali penyebutannya yang berbeda di Yogyakarta, Klaten, dan Solo. tapi ternyata ada beberapa hal yang membedakan, misalnya makanan di hik kota Solo memiliki bumbu yang sedikit lebih pedas daripada angkringan Jogja. 

Nah berikut beberapa hik yang bisa kalian jadikan destinasi kalau bepergian di Kota Solo: Angkringan Solo Flyover, Wedangan Pendopo, Wedangan Pak Dhie, Wedangan Omah Lawas, Wedangan Tiga Tjeret, Wedhangan Waroeng Keroepoek, Wedhangan Sri Rejeki, Wedangan PAKEM, dan masih banyak hik ngehits lainnya.

Jadi bagi kalian yang berkunjung ke Surakarta jangan lupa untuk mampir, dan menjajal makanan-makanan murah tapi enak di angkringan ala Solo ini ya!

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

25

Visitors today

15

Visits total

425,321

Visitors total

330,661

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta