Pemerintah Kota Surakarta
Menurunkan Angka Stunting dengan “Aplikasi Elsimil”
  June 6, 2022 15:12

Pemerintah Kota Surakarta menggaungkan kepada setiap calon pengantin untuk mengunduh aplikasi Elsimil atau disebut dengan Aplikasi Elektronik Siap Nikah dan Hamil. Aplikasi ini wajib diunduh dan digunakan sebagai salah satu syarat nikah di pencatatan sipil bagi setiap calon pengantin yang ada di Kota Solo guna membantu dalam pencegahan stunting. Program ini mulai dijalankan oleh Pemkot Solo per bulan April tahun 2022. 

Aplikasi Elsimil sendiri merupakan program dari BKKBN dalam upaya menurunkan angka stunting di Indonesia. Aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi edukasi dengan sistem elektronik siap nikah dan siap hamil yang menjadi prioritas program BKKBN. Aplikasi ini sebagai bentuk skrining awal dan edukasi tentang kesehatan reproduksi, perbaikan gizi bagi calon pengantin perempuan serta edukasi perilaku hidup sehat. Sasaran utama dari program ini adalah para remaja yang mau berumah tangga. 

Didalam aplikasi Elsimil tersebut terdapat konten edukasi serta kuesioner seputar pencegahan stunting yang dapat dilihat pendamping keluarga. Pendamping keluarga sendiri terdiri dari unsur PKK, kader KB dan tenaga kesehatan. Yang kemudian pendamping keluarga tersebut akan memberikan penyuluhan/pendekatan kepada calon pengantin yang berisiko, seperti ibu hamil, ibu pasca salin dan ibu dengan balita. Faktor risiko yang dipantau antara lain status gizi (berat badan dan tinggi badan), status kesehatan, risiko terpapar asap rokok atau tidak dan usia calon pengantin perempuan. 

Aplikasi Elsimil bisa didapatkan dengan cara mendownload nya melalui Google Play Store atau App Store. Setelah mendownload, lakukan registrasi melalui website resmi Elsimil atau dengan mengeklik tautan berikut ini:  https://elsimil.bkkbn.go.id/register . Setelah melakukan registrasi, tahap selanjutnya adalah melakukan pengisian data dengan memasukkan alamat email serta nomor telepon. Kemudian isikan kata sandi dan klik masuk. Ikuti langkah mengisi kuesioner kemudian lihat hasil kuesioner dan unduh sertifikasi Elsimil. Setelah semua proses tersebut dilakukan dan data telah terisi, kemudian klik save. Kemudian pihak Elsimil akan mengirimkan link aktivasi melalui email yang telah didaftarkan. Setelah melakukan aktivasi makan aplikasi Elsimil pun siap untuk digunakan. 

Peluncuran aplikasi Elsimil sendiri diharapkan dapat berfungsi dan berhasil dalam mencegah stunting di Indonesia. Serta dengan adanya aplikasi ini diharapkan mampu memberikan edukasi kepada calon pengantin agar bersama-sama mencegah peningkatan angka stunting di Indonesia. 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

426,497

Visitors total

331,352

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta