Pemerintah Kota Surakarta
Rekayasa Lalu Lintas Pembangunan Simpang Joglo
  June 8, 2022 14:56

Elevated Rail atau rel layang yang akan dibangun di Kota Solo memiliki elevated track sepanjang 1,8 kilometer. Bangunan ini berkonsep jembatan tipe pelengkung dengan rangka baja komposit. Adapun bentangnya memanjang 270 meter dan tinggi konstruksi mencapai 40 meter. Pembangunan Elevated Rail Simpang Tugu Joglo rencananya akan dimulai pada Selasa (7/6/2022). Proyek besar ini diperkirakan akan menutup beberapa jalur lalu lintas yang melewati Simpang Joglo. 

Untuk itu, terdapat beberapa rekayasa lalu lintas untuk mendukung kelancaran pembangunan rel layang tersebut. Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta bersama Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah, telah melakukan sosialisasi terkait Manajemen Rekayasa Lalu Lintas (MRLL) kepada pengunjung Solo Car Free Day (CFD), pada Minggu (5/6/2022).

Menyusul adanya pembangunan Elevated Rail, akan diadakan MRLL, yang dimulai pada tanggal 7 Juni hingga 8 Juli 2022. Bagi kendaraan kecil telah dijadwalkan untuk MRLL, meliputi pertama, tanggal 12-13 Juni, kendaraan kecil dari arah Jalan Mangun Sarkoro yang menuju perlintasan Simpang Joglo, dialihkan ke Jalan A. Yani. Kemudian, tanggal 14-15 Juni, kendaraan kecil dari arah Jalan Sumpah Pemuda atau Jalan Solo Purwodadi yang menuju perlintasan Simpang Joglo, dialihkan ke Jalan A. Yani. Selanjutnya, tanggal 5-6 Juli, kendaraan kecil dari arah Jalan Mangun Sarkoro yang menuju perlintasan Simpang Joglo, dialihkan ke Jalan A. Yani. Terakhir, tanggal 8 Juli, kendaraan kecil dari arah Jalan Sumpah Pemuda atau Jalan Solo Purwodadi yang menuju perlintasan Simpang Joglo, dialihkan ke Jalan A. Yani.

Sementara, seluruh kendaraan berat dialihkan lewat tol untuk menghindari kemacetan. Kendaraan dari arah Boyolali dan Yogyakarta yang akan melintasi Simpang Joglo, akan dialihkan masuk ke pintu tol Colomadu dan keluar di pintu tol Gondangrejo, yang menuju arah Purwodadi atau pintu tol Kebakkramat yang menuju arah Surabaya. MRLL ini juga berlaku sebaliknya, untuk kendaraan dari Surabaya yang akan menuju Boyolali maupun Yogyakarta. 

Masyarakat dihimbau untuk memahami dan menaati rekayasa jalur yang telah dibuat. Tujuannya agar proses pembangunan dapat berjalan dengan lancar. Sehingga, lokasi tersebut dapat menjadi icon tambahan bagi Kota Solo untuk menarik minat wisatawan berkunjung. Hal inilah yang akan membawa dampak positif bagi seluruh warga Solo dan pihak terkait. 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

17

Visitors today

15

Visits total

425,201

Visitors total

330,588

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta