Pemerintah Kota Surakarta
Titik Lokasi IPAL di Kota Solo
  June 12, 2022 14:47

IPAL atau instalasi pengolahan limbah adalah sarana pengolahan limbah sebelum dibuang agar tidak menimbulkan polusi atau mencemari lingkungan. Limbah yang dimaksud berupa limbah domestik yang berasal dari rumah-rumah warga, limbah pabrik, serta limbah industri dan pertanian. IPAL sangatlah penting bagi Kota Solo, yang merupakan kota dengan kepadatan tertinggi di Jawa Tengah. 

Kota Solo sendiri kini telah memiliki tiga titik lokasi IPAL yang tersebar di tiga wilayah. Ketiganya berada di Solo Utara yang dibangun di wilayah Mojosongo, di Selatan berada di Semanggi, serta di bagian tengah ada di Pucangsawit. Ketiga IPAL di Kota Solo ini dibangun pada awal tahun 2019, yang mendapatkan dukungan dari JICA, APEX dan Pusteklim. Program pembangunan pengolahan limbah tersebut bertujuan untuk peningkatan kondisi sanitasi masyarakat kota. Kota Solo dipilih sebagai salah satu kota tujuan program, karena kota ini merupakan kota dengan kepadatan penduduk tertinggi di Jawa Tengah, sehingga sangat membutuhkan IPAL agar bisa mendapatkan saluran sanitasi yang baik. 

Konsep IPAL di Kota Surakarta ini dibagi menjadi dua, yaitu sistem perpipaan (sewerage system) dan sistem setempat (on site system). Sewerage system akan mampu melayani 30% penduduk, sedangkan on site system mampu melayani sekitar 70% dari jumlah penduduk. 

Untuk on site system nantinya akan dikelola dengan model sistem layanan lumpur tinja terjadwal (L2T2) yang pelaksanaannya akan bekerjasama dengan pihak swasta dan telah diatur dalam Perda No. 3 Tahun 1999 tentang pengelolaan limbah cair. 

IPAL sendiri memiliki manfaat untuk semua komponen yang ada di area instalasi. Beberapa manfaat tersebut, diantaranya mengelola limbah terutama yang mengandung zat kimia atau racun berbahaya agar ketika dibuang tidak mencemari lingkungan sekitar, mengelola cairan limbah baik industri maupun domestik agar dapat digunakan kembali, serta melindungi ekosistem dan makhluk hidup yang tinggal di sungai dan sekitarnya. 

Maka dari itu dengan adanya IPAL ini diharapkan dapat membantu pencemaran saluran sanitasi yang ada di Kota Surakarta. Selain itu, juga bisa memberikan dampak baik untuk lingkungan sekitar. 

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

44

Visitors today

11

Visits total

416,059

Visitors total

325,386

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta