Pemerintah Kota Surakarta
Hati-hati Marak Penyebaran Data Pribadi, Cegah Sekarang Juga!
  June 19, 2022 12:50

Dewasa ini, banyak orang yang dirugikan akibat penyalahgunaan data diri. Mayoritas dari mereka sampai kehilangan uang ratusan juta akibat kejadian tersebut. Hal ini terjadi, karena ulah para hacker yang dengan sengaja mencuri data diri seseorang untuk bisa meraup untung dari kesempatan tersebut. Namun, sebenarnya pencurian data pribadi ini bisa dicegah dan dicari solusinya.

Beberapa langkah untuk mencegah adanya data pribadi yang bocor, antara lain pertama, buat kata sandi dari kombinasi unik huruf dan angka. Membuat kata sandi yang sulit untuk ditiru dan dimanipulasi orang lain, dinilai cukup untuk melindungi data Anda dari tindak kejahatan. Kedua, manfaatkan fitur pemindai wajah dan sidik jari. Untuk memaksimalkan perlindungan data diri, Anda perlu menambahkan sistem keamanan, seperti pemindai wajah maupun sidik jari. Dengan begitu, hanya Anda sendiri yang bisa mengaksesnya.

Kemudian cara yang ketiga, pilih aplikasi chat dengan fitur enkripsi end-to-end. Teknologi ini mampu mengamankan pesan teks, gambar, suara ataupun video dimana hanya penerima saja yang bisa mengakses pesan tersebut. Biasanya, sistem ini digunakan pada Aplikasi Whatsapp. Dengan kata lain, semua pesan yang dikirim melalui aplikasi tersebut telah terkunci. Mekanismenya yaitu pesan terbuka (plaintext) yang dienkripsi, selanjutnya akan diubah ke dalam kode acak rahasia. Maka, informasi yang sebenarnya tidak bisa dibaca dan tidak mudah dibobol oleh hacker.

Keempat, pahami perizinan setiap aplikasi di handphone dan browser yang tertaut dalam perangkat. Memberikan izin pada setiap notifikasi yang masuk tidak bisa dilakukan sembarangan. Perhatikan dan baca dengan jelas mengenai syarat dan ketentuan pada notifikasi sebelum memutuskan untuk memberi izin akses. Kelima, selektif memilih konten yang mau di-share di media sosial. Sebagai pengguna media sosial yang bijak, Anda perlu menyortir konten mana yang seharusnya ditampilkan ke publik. Hindari kebiasaan sering membagikan konten yang sangat pribadi. Sebab, hal ini menjadi sasaran empuk para pelaku kejahatan untuk melancarkan aksinya. 

Untuk itu, berhati-hatilah dan selalu waspada dalam mengumbar data diri ke media sosial. Karena, jika Anda kecolongan sedikit saja, maka data pribadimu akan dengan cepat menyebar dan bahkan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggungjawab.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

25

Visitors today

15

Visits total

425,321

Visitors total

330,661

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta