Macam-macam Tugu di Kota Solo
June 22, 2022 14:23
Pasar Klithikan Notoharjo Semanggi, Pusat Jual Beli Barang Bekas
June 22, 2022 15:05

Co-Working Space di Solo Technopark

Solo Technopark (STP) merupakan kawasan terpadu di bawah pengelolaan Pemerintah Kota Surakarta, yang merupakan kawasan berbasis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK). Selain itu Solo Technopark merupakan sebuah pusat vokasi dan teknologi di Kota Solo, yang dibangun untuk memberikan layanan produksi serta pelatihan dan pengembangan teknologi untuk meningkatkan kualitas SDM, meningkatkan daya saing dan kinerja dunia usaha dan dunia industri, meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, serta memperluas lapangan pekerjaan melalui pembangunan ekonomi berkelanjutan. 

Selama ini Solo Technopark diarahkan sebagai pusat pendidikan dan teknologi di Solo. Sebelumnya STP dirancang untuk menjadi kawasan terpadu yang berfokus proses inkubasi yang mencakup bioenergy, pengolahan rumput laut (karagenan), waste treatment, serta industri kreatif. Kemudian seiring berjalannya waktu Shopee mendirikan co-working space di kawasan Solo Technopark ini, sebagai bentuk dukungan terhadap Pemerintah Kota Surakarta untuk membantu para pelaku UMKM dan industri kreatif. Co-working space tersebut bernama Shopee Creative & Innovation Hub Solo Technopark. Dengan adanya co-working space ini diharapkan dapat dimanfaatkan pelaku UMKM dan industri kreatif untuk mengembangkan ide dan membangun jaringan hingga berbagi ilmu antar komunitas. 

Di dalam co-working space terdapat ruangan khusus seperti Garena untuk bermain game bareng atau mabar. Sementara di bagian ruangan Shopee, ada ruangan khusus untuk meeting, co-working (area kerja), pantry dan ruang kolaborasi. Selain itu, di tempat ini juga disediakan fasilitas jaringan internet yang dapat digunakan secara gratis. 

Co-working space yang disediakan di STP terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya apapun alias gratis, yang buka pada hari Senin hingga Sabtu. Dengan jam operasional Senin-Jumat buka pada pukul 09.00-17.00 WIB. Khusus hari Sabtu buka pada pukul 09.00-15.00 WIB. Kemudian, tutup pada Hari Minggu dan hari libur nasional. 

Bagi pengunjung yang ingin mendatangi tempat ini bisa langsung datang ke Solo Technopark yang beralamat di Jalan Ki Hajar Dewantara No.19, Jebres. Setelah datang, pengunjung harus melakukan registrasi dahulu di meja resepsionis untuk diberikan kartu untuk dapat mengakses password wifi. 

Comments are closed.