Pemerintah Kota Surakarta
Seputar Ketoprak Balekambang
  June 28, 2022 14:56

Ketoprak merupakan kesenian rakyat yang memuat cerita tentang kisah kehidupan dan merupakan kisah legenda yang ada di dalam kehidupan masyarakat pada zaman kerajaan, khususnya di Pulau Jawa. Ketoprak sendiri lahir diadaptasi dari berbagai kebiasaan masyarakat dalam memainkan alat musik, bernyanyi, dan menari. Kemudian, rangkaian dari kebiasaan tersebut diolah menjadi sebuah pertunjukan hiburan yang diperankan oleh para seniman. 

Kesenian ini hadir dan tumbuh di Kota Solo hingga saat ini dan masyarakat menyebutnya dengan Ketoprak Balekambang. Disebut demikian, karena pertunjukkan ini kerap dilakukan di Taman Balekambang, tepatnya di Jalan Balekambang Nomor 1, Manahan, Kecamatan Banjarsari. Ketoprak Balekambang merupakan salah satu jenis seni tradisional rakyat yang masih bertahan dalam era modern seperti sekarang ini. Keberadaannya hingga saat ini masih ada dan dijaga oleh masyarakat Solo. Dalam membawakan suatu cerita, pemain mengandalkan improvisasi dan didukung dengan atribut serta kostum yang sesuai dengan lakon cerita.

Ketoprak Balekambang tumbuh dan berkembang dari rakyat dan untuk rakyat. Sebab kesenian ini merupakan sumber hiburan, baik bagi seniman maupun penikmat karya. Tak hanya berupa pementasan drama saja, melainkan juga terdapat pesan moral dan nasehat yang disampaikan didalamnya. Seperti nilai moral, nilai pendidikan, nilai sosial-kultural dan nilai estetika atau keindahan. 

Saat ini, eksistensi Ketoprak Balekambang digempur dengan banyaknya budaya barat yang mulai merasuk dalam idealisme masyarakat Indonesia. Tetapi, berbagai ancaman dari perkembangan modernisasi tersebut, berhasil dilalui Ketoprak Balekambang. Hal ini dibuktikan dengan posisinya yang masih mengambil peran penting dalam kesenian Jawa. Diketahui bahwa, pelaku kesenian ketoprak saat ini adalah anak cucu dari pelaku seni sebelumnya. Rasa tanggungjawab yang besar untuk menjaga salah satu ikon Kota Solo yang identik dengan kota budaya, menjadikan ketoprak masih dijaga eksistensinya hingga saat ini. 

Untuk itu, agar menjaga budaya dan tradisi tetap hidup, kita harus ikut berupaya mendukung pelestarian yang ada. Langkah mudah yang bisa kita lakukan adalah dengan ikut menonton berbagai pertunjukkan budaya dan tradisi agar tetap terselenggara. Karena dengan begitu kita dapat berkontribusi kepada para seniman untuk terus berkarya dan menyajikan pertunjukkan yang otentik.

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

293

Visitors today

190

Visits total

363,859

Visitors total

285,225

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta