Pemerintah Kota Surakarta
Kendaraan Alternatif Kekinian: Apa itu?
  July 1, 2022 13:55

Seiring berjalannya waktu, banyak tren yang digandrungi masyarakat. Mulai dari lifehack menu makanan, barang perabot rumah, hingga transportasi. Di masa pandemi ini sendiri, sudah banyak menciptakan tren yang bisa memudahkan kegiatan masyarakat. Ada beberapa tren yang tercipta, salah satunya adalah kendaraan listrik. Popularitas kendaraan listrik pun semakin meningkat berkat sosial media. Lantaran banyak warganet yang membagikan pengalaman mereka mengendarai kendaraan ini.

Seperti yang kita tahu, kendaraan alternatif pada awalnya hanyalah sebuah kendaraan yang dipakai oleh kebanyakan orang untuk keperluan bermain dan menghibur diri. Akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman, kendaraan ini bukan hanya menjadi permainan, akan tetapi menjadi kendaraan yang memiliki fungsi transportasi untuk jarak yang tidak terlalu jauh. 

Satu-satunya kelemahan dari kendaraan ini adalah ketidakmampuan untuk menempuh jarak jauh. Akan tetapi, melihat dari fungsi dan model yang simpel, kendaraan ini bisa menjadi jalan  keluar untuk menghindari padatnya lalu lintas yang ada di kawasan perkotaan. Penggunaan listrik sebagai bahan bakar juga menjadi salah satu keunggulan karena tidak menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM), dan tidak menimbulkan polusi udara akibat pembakaran.

Berdasarkan informasi yang ada, jika polusi udara di dunia termasuk Indonesia mengalami peningkatan dalam beberapa waktu ke belakang. Banyak faktor yang melatarbelakangi menurunnya kualitas udara di banyak wilayah Tanah Air, tak terkecuali dari pembangunan dan mobilitas. Melihat permasalahan ini, kendaraan alternatif ini dirancang sedemikian rupa sistem kerjanya sehingga memiliki dampak positif bagi lingkungan karena penggunaan listrik yang tidak menimbulkan pembakaran mesin yang berujung pada polusi.Melihat modernisasi dan perkembangan zaman, mungkin saat inilah masyarakat mulai untuk menggunakan alternatif kendaraan lain yang tidak menimbulkan polusi udara yang dapat menurunkan kualitas udara. Mari ikut serta dalam mengurangi dampak Global Warming demi masa depan anak cucu kita yang lebih baik!

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

27

Visitors today

15

Visits total

425,383

Visitors total

330,699

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta