Pemerintah Kota Surakarta
Jadwal Event Kota Solo Terbaru Juli 2022
  July 1, 2022 14:28

Menginjak bulan Juli, Kota Solo akan  kembali mengadakan event-event budaya yang telah rutin digelar tiap tahunnya. Diantaranya Mlampah-mlampah Solo yang merupakan program paket wisata dan diadakan pada Sabtu, 2 Juli 2022 oleh Roti Ganep’s. Melalui event ini, peserta akan diajak keliling Solo dan diperkenalkan dengan beberapa maskot budaya kota ini.

Event lainnya, yakni Solo Batik Carnival. Event ini merupakan parade kostum yang menggunakan batik sebagai fokus utamanya. Kemudian, kain batik dikreasikan sedemikian rupa sehingga menciptakan gaun yang unik dan memukau. Parade ini dilakukan di sepanjang Jalan Slamet Riyadi. Model akan berlenggak-lenggok di tengah jalan sembari memamerkan kostum yang dipakainya.

Tahun ini, rencananya Solo Batik Carnival akan diadakan pada hari Sabtu tanggal 9 Juli 2022. Dengan mengusung budaya khas Kota Solo, yaitu batik, event ini akan menggugah kembali kejayaan pengrajin batik di kota ini. Sekaligus, mampu membangkitkan ekonomi para pengrajin batik yang sebelumnya sempat meredup karena pandemi Covid-19.

Selanjutnya, ada juga perayaan HUT Wayang Orang Sriwedari yang diadakan di Gedung Wayang Orang Sriwedari, pada Minggu 10 Juli 2022. Wayang Orang Sriwedari sendiri adalah pertunjukkan teater tradisional yang masih tetap hidup di Kota Solo. Komunitas ini membawakan sajian cerita yang berasal dari lakon pewayangan dari Mahabarata maupun Ramayana.

Bagi Anda pecinta kuliner, di bulan Juli ini akan dimanjakan dengan adanya festival kuliner bertajuk Solo Indonesia Culinary Festival. Anda bisa menjajal berbagai kuliner dari UMKM Kota Solo di kawasan Kompleks Stadion Manahan. Event ini berlangsung dari tanggal 22 Juli sampai 24 Juli 2022. Masih di tempat yang sama, akan diadakannya pula event Wonderful Solo Carnaval pada tanggal 23 Juli 2022. Serta, ada juga Gebyar Paud yang dilakukan di Jurug Solo Zoo, pada tanggal 27 Juli 2022.

Ingat dan catat tanggalnya agar tidak ketinggalan event-event menarik di Kota Solo. Selain menjadi sarana hiburan, event-event budaya tersebut menjadi momen yang cocok untuk memperkenalkan budaya Kota Solo ke masyarakat luas.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

27

Visitors today

15

Visits total

425,383

Visitors total

330,699

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta