Pemerintah Kota Surakarta
Alternatif Menyeberang Sungai Bengawan Solo
  July 5, 2022 14:18

Sungai Bengawan Solo adalah salah satu sungai terbesar di Pulau Jawa. Sungai ini membentang di beberapa wilayah Jawa Tengah hingga Jawa Timur. Masyarakat sekitar memanfaatkannya untuk mencari ikan, tambak ikan, irigasi pertanian, dan masih banyak lainnya. Di samping itu, sungai ini juga menghubungkan daerah satu dengan lainnya, seperti Solo dan Sukoharjo.

Untuk itu, diperlukan alternatif penyeberangan yang bisa memudahkan masyarakat melewati sungai ini, diantaranya dengan perahu penyeberangan. Misalnya di Kota Solo, kita bisa menemukan perahu penyeberangan yang dapat digunakan masyarakat untuk menyeberang dari wilayah Solo ke Sukoharjo, begitupun sebaliknya. Tepatnya di Kampung Beton, Kelurahan Kampung Sewu, Kecamatan Jebres, terdapat jasa penyeberangan Sungai Bengawan Solo menggunakan perahu ke Desa Gadingan, Kecamatan Mojolaban, Sukoharjo. Hingga saat ini, masih banyak masyarakat yang menggunakannya. Sebab, hal ini dirasa akan lebih mempersingkat jarak dan waktu tempuh dibandingkan dengan menempuh jalur darat.

Sebenarnya, sudah dibangun dua jembatan yaitu Jembatan Mojo dan Jembatan Jurug untuk mempermudah masyarakat menyeberang Sungai Bengawan Solo dengan risiko yang lebih minim. Namun, kedua jembatan tersebut memerlukan jarak tempuh yang lumayan jauh, belum lagi jika macet di saat jam krusial pagi dan sore. Sehingga, mayoritas masyarakat lebih memilih menggunakan perahu. 

Perahu penyeberangan tak hanya mengangkut orang saja. Melainkan, juga barang, motor, maupun sepeda. Dalam satu perahu besar mampu menampung sekitar 10 motor, 10 sepeda, beserta pengendaranya. Untuk bisa melaju, terdapat tali yang membentang dari ujung ke ujung. Tujuannya untuk memudahkan laju perahu yang berjalan melawan arus.

Perahu penyeberangan Sungai Bengawan Solo ini dapat menjadi sisi keunikan tersendiri di Kota Solo. Tetapi, perahu tersebut hanya bisa digunakan untuk menyeberangkan orang, motor, sepeda, dan barang-barang tertentu. Pengecualian terhadap kendaraan beroda empat dan sejenisnya. Karena, akan lebih berisiko menyebabkan perahu terbalik. Bagi, Anda yang ingin mencobanya, tetap perhatikan keamanan dan perlengkapan keselamatan ya, untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

2

Visits total

425,532

Visitors total

330,782

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta