Pemerintah Kota Surakarta
Fenomena Tenggo Jadi Tren, Apa Sih Itu?
  July 16, 2022 14:18

Pulang kantor tepat waktu merupakan hak bagi setiap pekerja. Namun sayangnya, hal ini masih sering canggung dilakukan terutama bagi mereka yang baru pindah kantor baru, dimana kebanyakan orang-orangnya terlalu bekerja keras. Belakangan ini, pulang waktu lebih dikenal dengan istilah tenggo, yang artinya begitu teng jam pulang kantor langsung go alias pulang tepat waktu.

Jadwal kerja karyawan secara umum di Indonesia adalah 8 jam. Namun, pada kenyataanya banyak sekali hal yang membuat jam kerja kebanyakan  pekerja menjadi molor. Banyaknya tugas yang mesti dilakukan, saat ini menjadi alasan utama yang membuat karyawan yang akhirnya harus tetap di kantor dan bekerja hingga larut malam. Padahal jika kita melakukan pekerjaan dengan benar dan tertata, hal ini tidak akan terjadi dan kita akan bisa menerapkan konsep tenggo. Hal inilah yang membuat tenggo menjadi familiar di kalangan pekerja.

Lantas, apa keuntungan saat kita bisa menerapkan tenggo ketika kita bekerja?

  • Pulang kantor tenggo melatih efektivitas dalam bekerja
  • Pulang tenggo mampu membangun relasi di luar kantor
  • Lebih rileks dalam menentukan strategi baru
  • Duduk terlalu lama dapat membahayakan kesehatan
  • Lebih punya waktu yang berkualitas dengan keluarga dan teman 

Masih banyak cara yang bisa dilakukan pekerja, agar mereka dapat menerapkan konsep tenggo ini. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan supaya konsep tenggo bisa berhasil dilakukan.

  • Datang tepat waktu
  • Buat to do list dan kerjakan sesuai prioritas
  • Abaikan gangguan
  • Rencanakan pulang tepat waktu

Dengan adanya fenomena ini, harapannya semoga istilah tenggo tidak lagi menjadi hal negatif. Karena bagaimanapun pulang tepat waktu adalah hak bagi setiap para pekerja ketika pekerjaan sudah selesai. Selain itu, juga para pekerja bisa belajar bagaimana mengatur time management dengan baik, serta memanfaatkan waktu mereka di luar kantor dengan hal yang berguna.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

34

Visitors today

19

Visits total

425,503

Visitors total

330,764

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta