Pemerintah Kota Surakarta
Jenis Pohon yang Kerap ada di Jalan Raya
  July 22, 2022 14:54

Ketika kita melakukan perjalanan darat, pasti sudah tidak asing lagi dong dengan penampakan pohon-pohon yang ada di tepi jalan raya. Banyak pohon di pinggir jalan raya yang tumbuh menjuntang, dan berjarak hanya beberapa meter saja diantara satu pohon dengan yang lainnya. Tapi kamu tahu gak sih? Sebenarnya apa sih fungsi pohon-pohon yang tumbuh di pinggir jalan tersebut? 

 

Secara umum fungsi pohon adalah untuk membersihkan udara, memberikan perlindungan terhadap panas dan mengurangi emisi perubahan iklim. Hal ini berarti fungsi utama pohon yang ditanam di tepi jalan raya adalah untuk menyaring debu dan polusi udara yang dikeluarkan dari kendaraan-kendaraan. Selain itu ternyata pohon yang di tanam di pinggiran jalan raya bisa mengurangi kebisingan yang ditimbulkan dari kendaraan dan mengurangi kenaikan suhu yang disebabkan oleh pantulan cahaya dari kaca bangunan bertingkat di sekitarnya. 

 

Pohon yang di tanam di pinggir jalan pun gak boleh sembarangan. Terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi seperti memiliki kayu yang kuat, daunnya rimbun dan rapat serta tidak mudah gugur, cabang dan ranting tidak mudah patah, batang tegak lurus dengan daerah bebas cabang diatas 3 meter, sistem perakaran yang kuat dan dalam serta tidak melebar hingga merusak jalan/saluran air. 

 

Lantas, jenis pohon apakah yang efektif dan bisa ditanam di pinggir jalan tersebut? Setidaknya ada sekitar 10 jenis pohon yang diperbolehkan untuk ditanam di pinggir jalan. Diantaranya pohon trembesi, pohon mahoni, pohon bintaro, pohon kersen, pohon cassia, pohon matoa, pohon rambutan, pohon tanjung, pohon glodokan tiang dan pohon kerai payung. 

 

Itulah 10 jenis pohon peneduh yang tepat untuk ditanam di pinggir jalan. Jenis pohon-pohon tersebut diatas, cocok digunakan karena memenuhi kriteria yang dibutuhkan dalam menanam pohon di pinggir jalan raya. Selain itu jenis pohon tersebut juga dikenal mempunyai daya serap gas CO2 (karbon dioksida) yang sangat tinggi. Sehingga dapat membantu mengurangi emisi karbon dioksida yang dihasilkan dari kendaraan yang berlalu lalang di jalan raya.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

810

Visitors today

754

Visits total

456,609

Visitors total

357,803

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta