Pemerintah Kota Surakarta
Hari Anak Nasional Tema: “Anak Terlindungi Indonesia Maju”
  July 23, 2022 13:45

Hari Anak adalah acara peringatan untuk menghormati hak anak. Hari anak sendiri diselenggarakan di setiap negara dengan tanggal yang berbeda-beda. Di Indonesia, Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli. Hal ini bertepatan dengan disahkannya UU Nomor 4 Tahun 1979 tentang kesejahteraan anak. Sebelumnya Hari Anak Nasional mengalami beberapa perubahan, hingga akhirnya ditetapkan tanggal 23 Juli dan diperingati sebagai Hari Anak Nasional. 

 

Di Indonesia, peringatan Hari Anak pun diselenggarakan setiap tahunnya dan memiliki tema yang berbeda-beda setiap tahunnya. Sedangkan untuk tahun 2022 ini nanti, Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) akan berlangsung dengan tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju” dengan tagline #PeduliPascaPandemiCOVID19, #AnakTangguhPascaPandemiCOVID19, #AnakTangguhIndonesiaLestari. Menurut Menteri Pemberdayaan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga peringatan hari anak tahun ini harus menjadi momentum bersama dalam menguatkan komitmen untuk memenuhi hak-hak anak. 

 

Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) 2022 merupakan sebuah momentum penting untuk menggugah kepedulian masyarakat Indonesia dalam menjamin pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh, berkembang serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi. Diharapkan dengan adanya PHAN tahun ini, tidak ada lagi anak-anak di Indonesia yang tidak terpenuhi haknya dan bebas dari tindakan kekerasan dan diskriminasi dari keluarga maupun lingkungan sekitarnya. 

 

Dalam mendukung program Peringatan Hari Anak Nasional tahun 2022, Pemerintah Kota Surakarta telah mewujudkannya melalui program Solo Kota Layak Anak. Hal itu diwujudkan dengan penerbitan Peraturan Daerah (Perda) No.9/2019 tentang Kawasan Tanpa Rokok. Hal ini dilakukan untuk menjaga pemenuhan hak anak atas hak hidup, tumbuh dan berkembang. Agar hal ini dapat terwujud, tentunya membutuhkan dorongan dan peran dari masyarakat. Maka dari itu, Pemkot Surakarta meminta agar seluruh warga Solo bisa ikut berpartisipasi dalam mendukung program Kota Layak Anak dan ikut mewujudkan pemenuhan hak-hak anak di Kota Solo.

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

41

Visitors today

38

Visits total

414,653

Visitors total

324,777

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta