Pemerintah Kota Surakarta
Kotaku: Kota Tanpa Kumuh
  August 3, 2022 13:56

Program Kotaku Tanpa Kumuh (Kotaku) adalah bagian dari salah satu upaya strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mempercepat penanganan permukiman kumuh di Indonesia dan mendukung Gerakan 100-0-100. Gerakan ini memiliki arti yaitu 100 persen akses universal air minum, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak. 

 

Permukiman kumuh biasanya terdapat di daerah yang memiliki tingkat kepadatan populasi tinggi. Melalui program Kotaku yang bertujuan untuk membangun sistem terpadu dalam rangka penanganan permukiman kumuh, maka situasi ini dapat ditangani dengan segera. Pemerintah daerah memimpin dan berkolaborasi dengan pemangku kepentingan merencanakan dan mengimplementasikan program tersebut dengan mengedepankan partisipasi masyarakat.

 

Dalam hal ini, Pemerintah Kota Surakarta terus berkomitmen dan berupaya untuk mengurangi wilayah kumuh yang ada di perkotaan. Maka, dengan begitu kenyamanan tempat tinggal bagi masyarakat, salah satunya dengan pembangunan rumah layak huni dapat terlaksana dengan baik. Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, menyatakan bahwa telah dilakukan pembangunan mandiri oleh masyarakat. Selain upaya dari pemerintah, inisiatif dari masyarakat tersebut merupakan salah satu faktor pendukung yang mampu mendorong Kota Solo menjadi kota yang bersih dan rapi.

 

Dalam hasil diskusi Forum Muda Surakarta, disampaikan bahwa kedepannya pemerintah bisa menerapkan permukiman layak huni dengan memperhatikan tiga aspek, antara lain aspek sosial dengan pemberdayaan masyarakat, aspek ekonomi dengan memperhatikan kondisi ekonomi masyarakat sekitar wilayah dengan cara mengembangkan perekonomian di wilayah tersebut, serta aspek lingkungan dengan meningkatkan kualitas lingkungan baik itu bangunan, drainase, maupun sanitasi.

 

Program ini ditargetkan akan selesai pada bulan Agustus tahun 2022. Sebagai generasi muda kita harus melakukan upaya yang dapat membantu pemerintah melaksanakan program Kotaku dan memberantas pemukiman kumuh di Kota Solo. Langkah sederhana yang bisa dilakukan, yaitu mulai dari lingkungan tempat tinggal kita masing-masing. Dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan, maka dapat terwujud perubahan yang besar untuk Kota Solo.

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

221

Visitors today

174

Visits total

380,817

Visitors total

298,043

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta