Pemerintah Kota Surakarta
1000 Startup Digital
  August 11, 2022 13:18

Memiliki sebuah bisnis startup sendiri menjadi salah satu impian banyak orang. Hanya saja, banyak orang dan calon entrepreneur muda, merasa bingung. Jangankan untuk mengembangkan, memulainya saja masih kesulitan. Menanggapi masalah ini, pemerintah tinggal diam. Untuk mendukung perkembangan industri digital, pemerintah melalui Kominfo membentuk 1000 Startup Digital. Lantas, apa itu 1000 Startup Digital?

1000 Startup Digital adalah program pembinaan bagi siapapun yang ingin membuat solusi teknologi bagi berbagai permasalahan di Indonesia melalui membangun startup digital. Program ini adalah ekosistem startup digital Indonesia untuk saling terkoneksi, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman. Diinisiasi sejak 2016, gerakan ini diharapkan mendorong terciptanya mencetak startup yang menjadi solusi atas masalah dengan memanfaatkan teknologi digital. Selanjutnya apa tujuan dari program 1000 Startup Digital?

1000 Startup Digital ini merupakan langkah awal bagi Indonesia untuk menciptakan masa depan ekonomi digital Indonesia yang akan mengubah nasib bangsa. Gerakan ini ingin menciptakan banyak perusahaan rintisan berbasis digital yang akan mentransformasi Indonesia menjadi negara maju dengan anak muda sebagai motor penggeraknya. Siapa yang berada di dalamnya?

Dalam program 1000 Startup Digital mempunyai 4 komponen yang diperlukan dalam mencapai tujuan Startup Digital

  • Startup Curators (Ecosystem Pentahelix)

Pihak dari Pemerintah, akademisi, badan atau pelaku usaha, masyarakat atau komunitas, dan media yang bergerak bersama untuk menunjang berjalannya industri digital.

  • Dedicated Mentors (Product Managers / Entrepreneurs)

Seseorang yang bertanggung jawab untuk memimpin dan menghasilkan suatu produk dengan kualitas baik yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan serta membuat strategi bisnis dari produk tersebut. 

  • Guest Mentors (Experts / Professionals)

Orang yang memiliki pengalaman dan pengetahuan yang banyak dalam mengelola manajemen Startup Digital

  • Startup Manager (Business Incubators)

Program yang dijalankan guna memberikan treatment khusus berupa arahan, pelatihan, pengembangan, bimbingan, fasilitas, bahkan modal agar startup menjadi lebih siap untuk diluncurkan.

Program ini ditujukan bukan hanya untuk mereka yang memiliki kompetensi pemrograman aplikasi saja. Melainkan juga untuk semua anak muda dari berbagai keahlian, mulai dari desain, komunikasi, bisnis, ekonomi, teknik, dan sebagainya. Pendaftaran bisa dilakukan melalui situs resmi Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital di URL reg.1000startupdigital.id. Harapannya dengan adanya 1000 Startup Digital, Indonesia bisa lebih banyak mencetak Startup baru yang akan menjadikan laju ekonomi di Indonesia semakin meningkat.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

5,946

Visitors today

5,168

Visits total

522,190

Visitors total

415,828

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta