Pemerintah Kota Surakarta
Informasi Seputar Roadshow 1000 Startup
  August 11, 2022 13:21

Startup digital tengah digandrungi oleh generasi muda Indonesia selama beberapa waktu belakangan ini. Bahkan hingga saat ini, startup digital masih eksis dan masih banyak digandrungi oleh anak-anak muda di Indonesia. Bahkan banyak dari mereka yang berlomba-lomba untuk membuat sebuah perusahaan startup digital. Banyak diantaranya yang sukses, bahkan ada juga yang gagal dalam membangun perusahaan startup digital tersebut.  

 

Berangkat dari momen tersebut, maka ada sebuah solusi untuk mewadahi dan membuat startup digital agar semakin terstruktur dan terarah. Pemerintah Indonesia bekerja sama dengan beberapa pelaku startup digital membuat sebuah program bernama Program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Tujuan utama dari program ini yaitu untuk membina tim yang benar-benar ingin membuat perusahaan startup digital demi menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada di Indonesia. 

 

Lalu, apa sih Program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital itu?Bagaimana sih sistem kerja nya? Program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah sebuah program yang berupaya untuk bahu membahu penggerak ekosistem startup digital di Indonesia, untuk saling terkoneksi, saling terkoneksi, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman. Program ini diinisiasi sejak tahun 2016 oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika. Dengan adanya program ini diharapkan mendorong terciptanya mencetak startup yang menjadi solusi atas masalah dengan memanfaatkan teknologi digital. 

 

Jika sebelumnya pada tahun 2021 program ini dilaksanakan di 20 kota di Indonesia. Maka pada tahun ini Program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dilaksanakan di seluruh wilayah Indonesia, dengan menginisiasi pembentukan 17 Hub yang menjadi pusat pelaksana kegiatan dan pembinaan program. 

 

Pada program ini nantinya akan disediakan lebih dari 400 mentor dari berbagai sektor yang siap membantu untuk melakukan mentoring pada pelaku startup digital. Pada rangkaian acara tersebut nantinya akan ada sebuah roadshow berisikan pengenalan program. Pada roadshow ini nantinya akan menjadi langkah awal dalam memperkenalkan apa itu startup serta menanamkan pola pikir kewirausahaan. Pada kegiatan roadshow nantinya akan mencakup tiga topik utama yaitu Pengenalan Startup, Pengalaman Membangun Startup Digital, dn Potensi Pengembangan Startup Daerah. 

Untuk Hub Jawa Tengah, roadshow yang dihadirkan mengusung tema Inovasi Digital Dalam Membangun Potensi Daerah. Roadshow ini nantinya akan diadakan dengan konsep daring / hybrid di setiap daerah pelaksanaan Program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Kegiatan yang diselenggarakan nantinya akan berbentuk seminar serta panel diskusi dengan menghadirkan perwakilan dari pemerintah dan startup founder.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

177

Visitors today

172

Visits total

522,383

Visitors total

416,015

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta