Pemerintah Kota Surakarta
Aplikasi Teman Bus
  September 2, 2022 11:15

Aplikasi Teman Bus merupakan salah satu program pengembangan angkutan umum pada kawasan perkotaan. Aplikasi ini berbasis jalan yang menggunakan teknologi serta berbasis non tunai dengan tujuan untuk meningkatkan keselamatan serta keamanan mobilitas masyarakat. 

Aplikasi Teman Bus sendiri adalah penerapan program Buy the Service (BTS) dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang diluncurkan Juni 2020. Tujuan utama Teman Bus adalah memberikan Transportasi Ekonomis, Mudah, Andal dan Nyaman bagi masyarakat Indonesia. Untuk itu Teman Bus memiliki standar minimal yang ditetapkan oleh pemerintah.

Fungsi umum dari adanya Aplikasi Teman Bus adalah untuk mempermudah para pengguna untuk mengakses Teman Bus yang didalamnya berisi berbagai informasi yang dibutuhkan oleh pengguna, meliputi info jadwal, rute perjalanan dan letak halte terdekat.

Yang harus dilakukan dalam menggunakan layanan Teman Bus adalah dengan membuka layanan ini pada Play Store. Selanjutnya klik rute perjalanan dan pilih koridor yang akan anda lalui. Langkah berikutnya, anda dapat memilih “Info Jadwal” keberangkatan. Setelah anda mengetahui jadwal keberangkatan, anda dapat menunggu di halte bus terdekat.

Selama menunggu, anda dapat menyiapkan kartu non tunai seperti flazz BCA, e-money Mandiri, tap cash BNI, serta brizzi BRI. Setelah bus sampai, Anda tinggal naik serta tempelkan kartu non tunai anda pada perangkat reader yang telah tersedia dalam bus. Di dalam bus sendiri juga ada info sampai mana bus berjalan yang berguna supaya setiap penumpang tidak akan terlewat di tempat tujuannya. Hingga saat ini layanan Teman Bus masih gratis.Yuk, segera unduh Teman Bus, agar perjalanan makin mudah dan lancar!

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

42

Visitors today

20

Visits total

425,575

Visitors total

330,803

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta