Pemerintah Kota Surakarta
Rakor POSPENAS
  September 9, 2022 12:15

Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, menerima audiensi dari Tim PANJATAPNAS POSPENAS IX di Bale Tawang Arum Kompleks Balaikota Surakarta, pada Kamis (8/9). POSPENAS sendiri merupakan Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren tingkat nasional, dimana para santri berlomba mewakili pondok pesantren asal. Dalam gelaran POSPENAS ke IX tahun 2022 ini, Kota Surakarta ditunjuk sebagai tuan rumah. Rencana acara ini akan dilaksanakan pada tanggal 23-27 November 2022.

 

Kegiatan ini bertujuan untuk memupuk, meningkatkan rasa persatuan, persahabatan, persaudaraan  antar santri. Kemudian, kegiatan ini memiliki tujuan meningkatkan minat olahraga dan seni bagi santri guna meningkatkan  kesehatan, kesegaran jasmani rohani, mengembangkan kreativitas, membangun disiplin serta sportifitas santri. Lalu, adanya POSPENAS adalah untuk menunjang usaha pemerintah dalam meningkatkan prestasi olahraga dan seni-budaya Nasional. Selain itu, POSPENAS bertujuan sebagai evaluasi dan tolak ukur keberhasilan pembinaan olahraga maupun seni santriwan/santriwati Pondok Pesantren.

 

Tujuan POSPENAS IX tahun 2022 bukan sekedar ukhuwah Islamiyah, namun harus dilengkapi dengan ukhuwah wathoniyah dan ukhuwah basyariah. POSPENAS tidak hanya terbatas pada silaturrahim para santri seluruh Indonesia, tetapi santri juga harus terekspos dari segi seni budaya olahraga.

 

Tema dan sub tema dalam Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Tingkat Nasional (POSPENAS) IX tahun 2022 di Jawa Tengah adalah “Santri Sehat, Cerdas, Mandiri, dan Toleran”. Sedangkan, sub tema dari kegiatan ini, yaitu “Santri Bugar, Kreatif, Sportif, Berprestasi dan Cinta Damai;” “Sportifitas, dan Menjunjung Nilai-nilai Budaya Nusantara,” serta “Menjaga Kedamaian dan Toleransi Beragama”.

 

Sementara, untuk logo POSPENAS memiliki ide dasar, yakni Bersatu, Semangat dan Energik. Konsepnya adalah sebuah event yang mempersatukan, dan diaplikasikan pada bentuk sebuah obor yang sedang bergerak maju menuju garis finish. Konsep ini memuat makna sebagai tujuan bersama yang menyangkut visi dan misi POSPENAS.

 

Maskot yang diusung oleh gelaran POSPENAS ini adalah ELJAWA yang berarti Elang Jawa. Elang Jawa (Nisaetus bartelsi) adalah salah satu spesies elang berukuran sedang dari keluarga Accipitridae dan genus Nisaetus yang endemik di Pulau Jawa. Satwa ini dianggap identik dengan lambang negara Republik Indonesia, yaitu Garuda. Sejak 1992, burung ini ditetapkan sebagai maskot satwa langka Indonesia. Elang Jawa melambangkan kegagahan, kemandirian, kompetitif, dan ketangguhan. Elang juga memiliki mata yang tajam dan luas (visioner). Diharapkan dapat menginspirasi peserta POSPENAS IX Tahun 2022.

 

Dalam sambutannya, Walikota Surakarta menyampaikan rasa terima kasih atas dipilihnya Kota Surakarta sebagai tuan rumah. Beliau akan bekerjasama dengan dinas terkait agar jalannya kegiatan berjalan dengan lancar. Beliau rencananya juga akan menambahkan terkait venue yang akan digunakan. Diharapkan acara ini dapat membawa dampak positif bagi pihak-pihak terkait dan masyarakat luas.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,394

Visitors total

330,705

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta