Pemerintah Kota Surakarta
Peringatan Hari Olahraga Nasional ke-39 Tingkat Provinsi Jawa Tengah 2022
  September 11, 2022 12:30

Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka dan Wakil Wali Kota Surakarta, Teguh Prakosa menghadiri Peringatan Hari Olahraga Nasional ke-39 Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022 yang bertempat di Stadion Sriwedari pada Jum’at (9/9). Acara ini juga dihadiri oleh Gubernur Provinsi Jawa Tengah (Ganjar Pranowo), Wakil Gubernur Jawa Tengah, Forkopimda Provinsi Jawa Tengah, Forkopimda Kota Surakarta, PLHK Disporapar Jawa Tengah, dan Bupati se-Jawa Tengah.

 

HAORNAS merupakan Hari Olahraga Nasional yang diperingati setiap tanggal 9 September oleh insan olahraga di Indonesia. Pada tahun ini untuk pertama kalinya pasca pandemi Covid-19, peringatan HAORNAS Tingkat Jawa Tengah Tahun 2022 akan diselenggarakan secara masal dengan peserta 3.500 orang pada tanggal 9 September 2022  di Stadion Sriwedari Surakarta.

 

Pemilihan Sriwedari sebagai tempat penyelenggaraan bertujuan untuk meneladani semangat juang para founding father olahraga Indonesia. Hal ini juga dalam rangka membangkitkan kembali gelora olahraga di Indonesia, khususnya Jawa Tengah yang sempat mengalami keterpurukan selama 2 tahun terakhir diakibatkan pandemi Covid-19. Kota Surakarta merupakan kota bersejarah bagi dunia olahraga Indonesia. Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama diselenggarakan di Surakarta pada tanggal 9 September 1948 yang dibuka oleh Presiden Soekarno, sekaligus menjadi cikal bakal peringatan HAORNAS di Indonesia. Ini menjadi momen yang tepat bagi dunia olahraga Jawa Tengah bangkit kembali dan bersama-sama gumregah bareng menyatukan tekad untuk mencetak juara dunia dari Jawa Tengah untuk Indonesia.

 

Pada saat peringatan HAORNAS dilakukan defile 3 pilar olahraga dengan total peserta berjumlah 600 orang, meliputi perwakilan dari olahraga prestasi, olahraga masyarakat dan olahraga Pendidikan. Kegiatan ini dirangkai dengan pemberian penghargaan bagi atlet terbaik Jawa Tengah dan penghargaan bagi kabupaten/kota yang menjadi destinasi sport tourism unggulan di Jawa Tengah. 

 

Pada kegiatan ini dilaksanakan senam massal “Jateng Gayeng,” merupakan senam yang dikoreografikan oleh KORMI Jateng dan rencananya akan dimasalkan melalui event-event olahraga di Jawa Tengah. Untuk memeriahkan kegiatan, juga tersedia berbagai macam stand guna mempromosikan produk maupun cabang olahraga, seperti jemparingan, ketapel, egrang, aerowisata dan sebagainya yang dapat dicoba oleh para tamu undangan dan peserta peringatan HAORNAS. Peringatan HAORNAS kali ini juga diramaikan dengan atraksi-atraksi olahraga dari berbagai komunitas olahraga.

 

Gubernur Provinsi Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyampaikan bahwa hampir dua tahun pandemi Covid-19, berbagai kegiatan mengalami pembatasan, salah satunya HAORNAS. Beliau juga menyampaikan Kota Solo telah menjadi icon dari berbagai event olahraga mulai dari PON I sampai dengan ASEAN Paragames di Kota Solo. Melalui perayaan HAORNAS ini sekaligus memberikan dorongan kepada para atlet untuk selalu bersemangat menggapai cita-cita. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan terus berupaya memberikan fasilitas bagi para atlet sebagai pendukung keberhasilan mereka.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

32

Visitors today

21

Visits total

424,960

Visitors total

330,422

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta